Ketua PKK Gianyar Serahkan Bantuan 3000 Bibit Tanaman Hatinya PKK

  • 26 Oktober 2020
  • 14:50 WITA
  • Gianyar
  • Dibaca: 1706 Pengunjung
suaradewata

Gianyar, suaradewata.com - Tahun 2021 nanti ada beberapa program yang menjadi target TP. PKK Kabupaten Gianyar. Untuk Hatinya PKK tidak lagi terfokus pada pemberian bibit tanaman, namun lebih pada bagaimana pengolahan hasil dari tanaman menjadi produk makanan tertentu. Demikian ditegaskan oleh Ketua TP. PKK Kabupaten Gianyar Ny. Surya Adnyani Mahayastra, saat memberikan bantuan bibit tanaman Hatinya PKK yang merupakan CSR dari PT Indonesia Power  Generation Unit, pada 10 desa di Kabupaten Gianyar, di Pendopo Sekretariat Kantor TP.PKK Kabupaten Gianyar, Senin (26/10).

Lanjutan dari program hatinya PKK ini tahun depan, TP.PKK Kabupaten Gianyar menurut Ny. Surya Adnyani Mahayastra, tetap fokus pada Hatinya PKK tapi bukan lagi pemberian bantuan bibit tanaman, tapi lebih pada pengawasan atau kontrol. Yang kedua setelah tanaman ini berbuah dan menghasilkan lebih, hasil ini harus diapakan supaya tidak busuk terbuang. Jadi program selanjutnya ditahun 2021 adalah pengolahan Hatinya PKK. Mungkin tidak bisa menyasar seluruh desa, akan ada pilot project di satu desa, seperti pelatihan pengolahan cabai atau tomat dibuat menjadi saos, atau tanaman bayam dibuat menjadi kripik dan lain sebagainya. Di samping Hatinya PKK, juga bersinergi dengan puspa aman dan TPS 3R.  Istri Bupati Gianyar Made Mahayastra tersebut berharap agar pihak kecamanan rutin memantau 3 program ini.  TPS 3R pemilahan sampah di rumah tangga, ini juga menjadi fokus di tahun 2021.

“Tahun 2020 ini kami fokus memberikan bantuan bibit tanaman. Karena  tanaman ini bersifat musiman, ini tentunya inovasi dari ibu-ibu kader di rumah tangga  diharapkan dalam pembibitan. Dan selanjutnya nanti kita akan fokus pengolahan hasil Hatinya PKK,” tegas Ny. Surya Adnyani Mahayastra.

Ditambahkan saat ini di 70 Desa/Kelurahan sudah mendapat bantuan Hatinya PKK, kedepannya diharapkan jangan lagi menunggu bantuan karena harus sudah mulai bisa pembibitan sendiri. Sesuai konsep Hatinya PKK yaitu  memenuhi kebutuhan keluarga yang memang dibutuhkan oleh keluarga tersebut. Disana kita berikan tanaman seperti sayur-sayuran seperti terong, cabai, seledri dan lain-lain. Kebutuhan seperti ini sifatnya murah, tapi ini merupakan kebutuhan sehari-hari. Dimana jika ini terpenuhi dirumah tanpa harus membeli, dan  jika diakumulasi dari segi  biaya tentu akan sangat membantu keluarga.

“Saya mengapresiasi karena pergerakan ibu-ibu PKK di Kecamatan dan Desa  sudah luar biasa, karena walaupun kami di TP.PKK Kabupaten giat bergerak artinya membuat inovasi, gerakan, bantuan atau apapun itu, tetapi kalau tidak didukung oleh PKK kecamatan ataupun desa, kita tidak bisa juga berbuat apa-apa,”  kata Ny. Surya Adnyani Mahayastra  

Pada kesempatan kali ini, Ketua TP.PKK Ny. Surya Adnyani Mahayastra, menyerahkan bantuan 3000 polybag bibit tanaman Hatinya PKK yang merupakan CSR  dari PT Indonesia Power  Generation Unit, seperti bibit seledri, cabai, pepaya, terong, tomat dan tanaman pare. Bantuan ini diserahkan pada 10 desa di Kabupaten Gianyar, masing-masing desa mendapatkan bantuan 300 bibit.gus/utm

 


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER