Tim Kemenpan RB Evaluasi Pelayanan di PN Denpasar Saat Pandemi

  • 26 Oktober 2020
  • 14:35 WITA
  • Denpasar
  • Dibaca: 1546 Pengunjung
suaradewata

Denpasar, suaradewata.com - Tim Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) mengunjungi Pengadilan Negari Denpasar, Senin (26/10) pagi. Kunjungan ini untuk mengevaluasi pelayanan publik yang ada di PN Denpasar.

Asisten Deputi Koordinasi Kebijakan, Pelaksanaan dan Evaluasi Pelayanan Publik Kemenpan RB, Jeffrey Erlan Muller mengatakan evaluasi pelayanan publik saat ini menjadi satu keharusan. Sebab, pelayanan publik harus dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. 

"Ini sesuai arahan Presiden bahwa keberadaan aparatur itu dirasakan masyarakat. Bentuknya apa? Nah layanan publik," katanya, Senin.

Ia mengakui stereotype tentang layanan publik di Indonesia saat ini maeih lama dan cendrung terkesan berbelit-belit. Bahkan lanjut dia, untuk mengurusnya saja waktu panjang, hingga berbiaya mahal.

Karenanya, pada kegiatan ini pula selain mengecek juga mengevaluasinya. Sehingga nantinya diharapkan stereotype semacam itu bisa hilang. Menurutnya, pelayanan publik saat ini di tengah kondisi pandrmi, yang bisa dilakukan drngan memanfaatkan teknologi informasi.

Ia mengakui, hal tersebut agak sulit dilakukan di pengadilan, seperti proses persidangan. Namun berkaca saat pandemi Covid-19 ternyata hal tersebut bisa dilakukan.

"Tetapi dalam situasi Covid seperti itu menjadi jawaban yakni menggunakan vidcon, ternyata bisa dilakukan. Ke depan mungkin akan diciptakan lagi sesuatu yang lebih canggih terkait tekhnologi. Semisalkan tekhnologi komunikasi yang tidak hanya mendengar dan melihat tetapi bisa tercipta juga tulisan dari apa yang diucapkan. Ini penting dalam penanganan kasus dimana korban atau terdakwa tunarungu dan tunawicara. Ini juga yang akan jadi tantangan bagi hakim dalam memutuskan," kata dia.

Untuk itu maka diperlukan infrastuktur dan sumber daya manusianya. Yakni dengan melatih aparaturnya untuk bersiap dengan teknologi. "Ini yang terus kita dorong sehingga arahnya masyarakat bukan hanya puas tapi ke depan adalah kebahagiaan," kata dia.

Di PN Denpasar sendiri dari hasil evaluasi menurutnya pelayanan sudah baik. Meski perlu perbaikan lagi agar pelayanannya prima. "Ada beberapa kekurangan harus dilengkapi. Ini perlu proses bukan instan. Proses ini harus dilibatkan semua. Bukan tanggungjawab PN Saja. Tapi semua masyatakat," katanya.

Ketua PN Denapasar Sobandi berjanji untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik di PN Denpasar. Ia mengatakan PN Denpasar satu-satunya yang ditunjuk Mahkamah Agung untuk dievaluasi.mot/utm

 


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER