Hasil Survey, IKM Pelayanan Si Poleng Ngayah Polres Buleleng Sangat Baik

  • 22 Oktober 2020
  • 19:55 WITA
  • Buleleng
  • Dibaca: 1542 Pengunjung
Suaradewata

Buleleng,suaradewata.com - Polres Buleleng bekerjasama dengan Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja, melakukan survey terhadap program "Si Poleng Ngayah" yang diluncurkan Polres Buleleng. Program ini menyasar langsung masyarakat, dalam memberikan pelayanan baik itu perpanjangan SIM, penerbitan SKCK termasuk penerimaan laporan pengaduan kehilangan.

Hasil survey tersebut, pada Kamis (22/10/2020) siang dipaparkan langsung oleh tim survey Undiksha Singaraja yang dipimpin langsung Rektor Undiksha Singaraja, Nyoman Jampel, dihadapan Kapolres Buleleng, AKBP Made Sinar Subawa, didampingi Pejabat Utama Polres Buleleng dan jajaran Kapolsek.

Selama survey dilakukan dengan menyasar masyarakat, hasilnya program ini sangat baik. Artinya, diterima oleh masyarakat. Survey ini dilakukan dengan melakukan kuesioner indeks kepuasan masyarakat (IKM) yang ditentukan oleh beberapa indikator, baik itu persyaratan, prosedur, waktu penyelesaian, biaya, spesifikasi jenis pelayanan, kompetensi, perilaku pelaksana, penanganan pengaduan dan sarana prasarana. 

Program Si Poleng Ngayah sudah dimulai sejak Juli 2020 yang turun langsung ke Desa-desa untuk melayani masyarakat. Survey ini dilakukan, untuk bisa mengetahui apakah kehadiran program Si Poleng Ngayah ditengah-tengah masyarakat diterima atau tidak.

Untuk itu, survey dilakukan dengan menyasar masyarakat yang sudah menerima layanan Si Poleng Ngayah di seluruh Buleleng. Total jumlah responden ada sebanyak 531 dan tingkat akurasi sampel 85 persen. "Jadi skor IKM Si Poleng Ngayah adalah 84,04. Artinya, ini dalam katagori sangat baik," ujar Rektor Undiksha, Nyoman Jampel

Meski masuk kategori sangat baik, namun ada beberapa perbaikan terhadap program Si Poleng Ngayah yang mesti dilakukan oleh Polres Buleleng, berdasarkan saran langsung yang disampaikan oleh masyarakat. Perbaikan kedepan itu yakni, informasi harus lebih luas ke masyarakat, jam pelayanan harus diperpanjang.

Kemudian, program dilaksanakan secara rutin terutama daerah yang jauh dari wilayah kota, pelayanan dipercepat, ada penurunan tarif di masa pandemi, sarana prasarana lebih ditingkatkan. 

Kapolres Buleleng, AKBP Made Sinar Subawa mengatakan, untuk program Si Poleng Ngayah ini akan terus dilanjutkan kedepannya. Sinar Subawa mengaku, akan melakukan perbaikan atas masukan beberapa saran masyarakat, seba itu adalah kekurangan yang harus dilengkapi untuk kebaikan program Si Poleng Ngayah kedepan.

"Pelayanan Si Poleng Ngayah ini berkaitan pencanangan Zona Integritas yang salah satunya dinilai pelayanan terhadap masyarakat dan secara internal. Hasil survey ini sudah memenuhi syarat untuk bisa diajukan ke Kemenpan-RB," tandas Sinar Subawa. rik/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER