Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Bupati Bangli Suport KUB Bukit Sari Banjar Penaga Budidayakan Porang

  • 21 Oktober 2020
  • 18:25 WITA
  • Bangli
  • Dibaca: 1221 Pengunjung
Suaradewata

Bangli,suaradewata.com - Bupati Bangli I Made Gianyar, SH,M.Hum memberikan suport secara langsung terhadap upaya petani mengembangkan budidaya tanaman porang. Terbukti, Bupati dua periode ini, terjun langsung membantu menanam bibit porang dilahan Kelompok Usaha Bersama (KUB) Bukit Sari di Banjar Dinas  Penaga, Desa Yangapi, Tembuku, Rabu (21/10/2020). Dalam kesempatan itu hadir pula Kepala Dinas PKP Ir. I Wayan Sarma, Camat Tembuku, Perbekel Desa Yangapi ,  Kelian Dusun Banjar Penaga, Perwakilan PT. Porang Indo Bali, Koperasi Sri Dandan  beserta kelompok usaha bersama Bukit Sari. 

I Nengah Kesel  selaku Ketua Bukit Sari menyampaikan bahwa kelompok ini berdiri tahun 2019 dengan jumlah anggota sebanyak 50 orang dan luas lahan yang dikelola 1,5 hektar. "Kelompok tani kami mungkin merupakan kelompok yang pertama mengembangkan bibit porang di Kabupaten Bangli. Untuk tahap awal bibit yang akan kami budidayakan atau kami kembangkan sebanyak 250 biji katak yang tersebar diseluruh lahan kelompok Usaha Bersama Bukit Sari," ungkapnya. 

Lanjut dia, dalam hal pengembangan dan pemasaran hasil budidaya tanaman porang pihaknya bekerja sama dengan PT Porang Indo Bali dan adapun dana yang digunakan disponsori oleh Koperasi Sri Dandan. 

Sementara Bupati Bangli I Made Gianyar, SH,M.Hum dalam sambutannya menyampaikan bahwa di era kekinian para Petani harus mempunyai terobosan-terobosan tertentu untuk bisa bersaing dengan petani-petani yang berkembang. "Saya sebagai Bupati baru pertama kali melihat kelompok tani yang mengembangkan tanaman porang di Bangli. Ini patut ditiru oleh petani-petani yang lain karena  sudah berani mengambil terobosan baru dengan menanam pohon porang," ujarnya.

I Made Gianyar juga menyampaikan dimasa pandemi ini mari kita berkreatif diri demi memajukan perekonomian kita dengan adanya budidaya pohon porang ini. "Mudah-mudahan bisa ditiru oleh para petani dan juga para wirausaha lainnya untuk ikut membudidayakan pohon porang dan hasil dari pohon porang ini sudah siap dipasarkan oleh PT. Porang Indo Bali," imbuhnya.ard/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER