Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Dewan dan Eksekutif Sepakat Membuat APBD yang Rasional dan Riil

  • 20 Oktober 2020
  • 19:40 WITA
  • Badung
  • Dibaca: 1257 Pengunjung
istimewa

Badung,suaradewata.com - Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Badung I Ketut Lihadnya menyerahkan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) tahun 2021 ke DPRD Badung di Gedung Dewan Badung, Selasa, (20/10/2020). RAPBD tahun 2021 diterima langsung oleh Ketua DPRD Badung I Putu Parwata didampingi wakilnya I Wayan Suyasa dan I Made Sunarta.

“Bahwa pada hari ini pemerintah sudah melaksanakan kewajibannya menyampaikan RAPBD tahun 2021. Ini sudah sesuai dengan makanisme, sehingga kami punya waktu cukup untuk melakukan pembahasan,” ujar Parwata kepada awak media, Selasa, (20/10/2020).

Menurut politisi PDI Perjuangan asal Desa Dalung, Kecamatan Kuta Utara itu di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang baik legislatif dan eksekutif sepakat membuat APBD yang rasional dan riil. Namun tetap mengedepankan asas manfaat untuk kepentingan masyarakat. 

“Jadi segela kepentingan masyarakat tetap diakomodir,” katanya.

Dalam RAPBD tahun 2021, lanjut Parwata, tetap mengacu pada Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Priorotas Plafon Anggaran Sementara (PPAS). “Dalam rancangan itu kita tetap mengacu pada KUA PPAS yakni Rp 4,3 triliun. Kemudian untuk sumber sumber pendapatan lainnya kami akan koordinasikan lebih lanjut dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) bersama Badan Anggaran (Banggar),” terangnya.

“Bila dibandingkan dengan APBD tahun 2020, terjadi penurunan sekitar 40 persen. RAPBD tahun 2021 sekitar Rp 4,3 triliun sebelumnya Rp 6,3 triliun, jadi hampir 40 persen penurunannya,” imbuhnya.

Disinggung optimis dengan angka Rp 4,3 triliun di tengah pandemi Covid-19, Parwata menyebut masih akan didiskusikan lebih lanjut. “Masih kita diskusikan,” tandasnya.

“Kami berharap RAPDB tahun 2021 bisa ditetapkan tepat waktu dan betul betul bermanfaat untuk masyarakat. Saya kira itu yang prinsip,” imbuhnya.

Sementara, Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Badung I Ketut Lihadnya juga sependapat dengan Ketua DPRD Badung I Putu Parwata. Intinya bagaimana RAPBD tahun 2021 dirancang dengan rasional dan riil.rls/ang/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER