Pakai Dana Pinjaman PEN, Kolam Renang Pidada Bakal Direnovasi

  • 13 Oktober 2020
  • 18:30 WITA
  • Buleleng
  • Dibaca: 1789 Pengunjung
suaradewata

Buleleng, suaradewata.com - Kolam renang bertaraf Internasional milik Pemkab Buleleng akan direnovasi. Kolam renang yang berlokasi di jalan Pidada, Kelurahan Banyuasri, Buleleng ini, rencananya nanti akan dibangun tribun penonton di bagian sebelah barat dan tamanisasi. Selama ini, sarana penunjang pada kolam itu seperti tribun penoton masih belum memadai.

Padahal kolam renang pidada telah beberapa kali digunakan untuk penyelenggaraan event olahraga air bertaraf nasional. Sehingga, Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Buleleng rencananya menyiapkan dana sebesar Rp10 miliar untuk membuat tribun permanen dan tamanisasi.

Dana renovasi tersebut bersumber dari dana pinjaman Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Dana pinjaman PEN yang dirancang Disdikpora sebesar Rp35 miliar itu, untuk renovasi beberapa sarana olahraga seperti stadion Mayor Metra, Jogingtrack Bhuana Patra dan Kolam Renang Pidada.

Kepala Disdikpora Buleleng, Made Astika mengatakan, dana PEN yang diterima Disdikpora digunakan untuk aktifitas yang bersifat monumental. Seperti, kegiatan yang melibatkan pemuda dan olahraga, khususnya olahraga. Mengingat, event ini sering dilakukan di Buleleng.

Dijelaskan Astika, renovasi kolam renang ini sangat penting dilakukan karena sering digunakan untuk ajang bergengsi bertaraf nasional. Dengan renovasi tersebut, kolam renang menjadi terlihat lebih baik. "Kolam ini memenuhi standar internasional. Dengan dibuatkan tribun dan taman, maka standar akan lebih untuk memenuhi event yang digelar oleh Provinsi, Nasional dan Internasional," kata Astika, Selasa (13/10/2020).

Selain itu, dikawasan kolam renang juga nanti akan dibangun kios-kios khusus menjual potensi lokal Kabupaten Buleleng. "Akan ada kolaborasi rencananya dengan PD. Swatantra pembangunan toko yang menunjang penjualan buah lokal sobean," ujar Astika.

Sementara Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana menambahkan, dana PEN ini memang digunakan untuk menggerakan perekonomian di Buleleng, termaduk olahraga. Saat ini, pengajuan pinjaman dana PEN masih dalam proses.

"Nanti pada tanggal 20 Oktober ini sudah masuk dalam Kebijakan Umum Anggaran dan Priorotas Plafon Anggaran Sementara, makanya saya kebut semua ini," tandas Suradnyana. rik/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER