Tanggulangi Kekeringan, BPBD Buleleng Distribusikan Ratusan Ribu Liter Air Bersih ke 5 Desa

  • 07 Oktober 2020
  • 19:15 WITA
  • Buleleng
  • Dibaca: 1642 Pengunjung
suaradewata

Buleleng, suaradewata.com - Ada sebanyak 5 desa yang ada di wilayah Kabupaten Buleleng mengalami kekeringan. Untuk menanggulangi kekeringan yang melanda 5 Desa itu, membuat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Buleleng turun untuk mendistribusikan ratusan ribu liter air bersih setiap harinya. 

Pendistribusiannya dilaksanakan bersinergi dengan Perumda Air Minum Tirta Hita Buleleng dan PMI Buleleng. Adapun 5 desa yang dusuplay air bersih itu adalah Desa Madenan, Desa Sawan, Desa Selat, Desa Kaliasem, dan Desa Banyupoh.

Kepala Pelaksana BPBD Buleleng, Ida Bagus Suadnyana mengatakan, air yang didistribusikan per desa jumlahnya bervariasi antara 20.000 hingga 30.000 liter, tergantung dari kondisi geografis desa dan jarak dengan tempat mengambil air. "Seperti di Desa Madenan, karena mengambil air harus di daerah Kubutambahan, jadi cukup jauh juga" kata Ida Bagus Suadnyana, Rabu (7/10/2020).

Untuk kondisi geografis, diakui Ida Bagus Suadnyana, merupakan tantangan tersendiri yang harus dihadapi, karena sebagian besar dari kelima desa itu berada di daerah pegunungan. Sehingga pihaknya harus berhati-hati ketika menggunakan mobil truk tangki muatan penuh selama pengiriman agar tidak terjadi kecelakaan.

"Terutama di wilayah pegunungan, seringkali penduduk desa turun dengan kecepatan tinggi karena tidak tahu ada truk kami yang sedang menanjak, sehingga kami minta tolong dari pihak desa untuk membantu pengawalan dengan sepeda motor," ungkap Ida Bagus Suadnyana

Untuk proses distribusi air, sudah disiapkan 3 unit mobil pengangkut air untuk digunakan setiap hari. Selain itu, jadwal pengambilan air ke pihak Tirta Hita Buleleng juga sudah diatur. Hal itu dilakukan untuk menghindari jam-jam padat penggunaan air oleh masyarakat sehingga tidak mengganggu pasokan air bersih mereka. 

Untuk jam-jam padat itu, jika pagi hari sebelum pukul 09.00 wita, dan sore setelah pukul 15.00 wita. Untuk itu Ida Bagus Suadnyana berharap, agar ratusan ribu air yang sudah didistribusikan ini bisa dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat.

"Kami berharap masyarakat dapat memanfaatkan air bersih dengan baik. Selain itu juga diharapkan, agar penggunaannya bis seefisien mungkin agar seluruh masyarakat kebagian air bersih secara merata," tandas Ida Bagus Suadnyana. rik/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER