Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Jelang Hari Raya Kuningan, Dewan Himbau Protokol Kesehatan Diterapkan di Pura

  • 25 September 2020
  • 17:20 WITA
  • Badung
  • Dibaca: 1317 Pengunjung
Istimewa

Badung,suaradewata.com - Jelang hari Raya Kuningan, umat Hindu di Bali khususnya di Badung yang melaksanakan persembahyangan di Pura agar menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Begitu juga bagi pihak Desa Adat agar menyiapkan Protokol Kesehatan di masing-masing Pura yang akan dituju untuk melakukan persembahyangan. 

Hal itu, diungkapkan oleh Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Badung, Ida Bagus Made Sunartha mengungkapkan bahwa dalam rangka menyambut hari raya Kuningan pada hari Sabtu, (26/09/2020), semua masyarakat diharapkan menerapkan protokol kesehatan dalam melakukan persembahyangan. Tidak hanya itu, pihak Desa Adat pun diminta untuk menyediakan protokol kesehatan disetiap Pura yang menjadi tujuan persembahyangan.   Penerapan protokol kesehatan ini digalakkan agar penyebaran Covid-19 di Badung dapat dikurangi. 

"Menurut tiyang tetap dijaga protokol kesehatan, dan masyarakat harus mulai menyadari situasi dan kondisi tidak bisa kita tentukan, tapi kita tetap waspada berpergian, satu penggunaan masker, dua atur jarak dan ketiga selalu cuci tangan, sehingga Badung tidak bertambah terus Covid-19nya. Pada intinya saya tetap masyarakat yang menjadi ujung tombak untuk mengurangi penyebaran Covid-19 di Badung," ungkap IB. Sunarta, Jumat, (25/09/2020).

Dalam melakukan persembahyangan pada hari Raya Kuningan, untuk jumlah persembahyangan tetap kita atur hingga jam sembahyangnya pun ikut diatur. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya cluster di tempat persembahyangan. 

"Misalnya ada piodalan, tetap kita mengatur masyarakat yang ingin bersembahyang ke Pura. Untuk jam sembahyangnya pun diatur sampai Covid-19 ini betul betul bisa ditanggulangi dengan maksimal," ujarnya.

Lebih lanjut IB. Sunartha menerangkan, untuk aparat Desa di seluruh Badung harus menyesuaikan Protokol Kesehatan seperti cugi tangan, tersedianya handsanitizer, jaga jarak dan bisa mengatur masyarakat disetiap Pura yang akan dikunjungi.

"Protokol Kesehatan harap diterapkan dengan disiplin, yang penting ada cuci tangan, pakai masker dan juga jaga jarak, apalagi ada Thermogun itu lebih lengkap," terangnya.ang/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER