Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Tingkatkan Pendapatan, Wisatawan Lokal Harus Diberi Harga Murah

  • 25 September 2020
  • 12:10 WITA
  • Badung
  • Dibaca: 1321 Pengunjung
istimewa

Badung, suaradewata.com - Anjloknya pengunjung wisata di Bali yang disebabkan oleh situasi Pandemi Covid-19 membuat banyak pengusaha maupun tempat wisata di Bali merugi. Bahkan turunnya pendapatan yang sangat drastis bagi pengusaha maupun tempat wisata yang ada di Bali. Lantaran wisatawan mancanegara saat ini belum bisa memasuki Indonesia khususnya Bali. 

Untuk mengantisipasi hal itu, salah satu anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Badung, Made Wijaya memberikan strategi jitu untuk meningkatkan pendapatan. Kata ia, dalam situasi pandemi Covid-19 saat ini sudah barang tentu wisatawan mancanegara tidak ada datang ke Bali bahkan wisatawan domestik pun tidak bisa dihitung secara pasti. Untuk itu para pengusaha harus memiliki strategi bagaimana mendongkrak pendapatan perusahaan untuk membiayai segala seusatu dalam biaya perusahaannya dan harus melihat peluang wisatawan lokal. 

"Saya sudah tentu dorong, kita sebagai wakil rakyat selaku pengusaha juga agar bagaimana memprogram wisata lokal karena wisatawan lokal ini dengan sekian ribu di pulau Bali ini, bapak bapak dan ibu ibu anak anak siswa sekolah melakukan wisata dan liburan seperti ini terutama di pengusaha harus memberikan peluang kepada para wisata lokal ini dengan harga yang drastis turun, dan kita berikan diskon bisa sampai 50 persen," kata Wijaya, Kamis, (24/09/2020). 

Menurutnya, kita selama ini belum pernah melakukan itu karena yang kita dongkrak ini adalah para wisatawan yang diluar lokal. Hal ini yang perlu dikiatkan oleh para pengusaha-pengusaha yang ada khususnya di Badung. 

"Jadi, bagaimana kita bisa memberikan pelayanan dalam situasi Covid-19 ini keadaan wisatawan manca negara wisatawan domestik pun kita tidak bisa hitung apalagi sekarang keadaan situasi pandemi meningkat," ucapnya. 

Wijaya pun memberikan saran, bahwa kita harus angkat wisatawan lokal itu agar bisa berwisata dengan tempat-tempat seperti itu dengan harga yang murah dan paket murah yang khusus. Kemudian nanti setelah pulih, kita kembali dongkrak untuk wisatawan domestik bahkan wisatawan mancanegara.

"Kalau wisatawan kita yang lokal ini yang belum pernah dilakukan oleh para para pengusaha, penginapan dan seluruh stakeholder yang ada, sekaranglah untuk menjamu masyarakat lokal kita dengan tempat tempat yang ada di Bali, saya sangat setuju itu, bila perlu semua pengusaha pengusaha membikin trobosan begitu juga media membikin berita berita yang menyatakan disini sudah siap yang sudah tentu memakai aturan dan memakai protokol kesehatan yang sesuai anjuran Pemerintah," ujarnya.

Lebih lanjut Wijaya mengatakan, dengan situasi saat ini peran Pemerintah sangat diperlukan untuk memberikan perhatian kepada wisatawan lokal, begitu juga dengan para pengusaha yang ada di Badung. Terlebih lagi ada kebijakan untuk meringankan pajak bahkan adanya stimulus kepada pelaku usaha itu lebih baik. 

"Bila perlu Pemerintah turun tangan untuk wisatawan lokal ini, kita berikan stimulus apalagi ke pengusaha pengusaha itu lebih bagus lagi, disitu ada kompensasi yang diberikan oleh pemerintah, saya rasa ini yang menarik, biar masyarakat lokal biar pernah merasakan tempat wisata yang ada di bali, mari kita memberikan pelayanan terbaik kepada orang Bali yang memiliki potensi Bali, apalagi ber KTP Bali," pungkasnya.ang/utm

 


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER