Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Sah...!! Pilkada Badung Ditetapkan Hanya Satu Pasangan Calon Melawan Kolom Kosong

  • 23 September 2020
  • 16:10 WITA
  • Badung
  • Dibaca: 1471 Pengunjung
istimewa

Badung, suaradewata.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Badung hari ini, Rabu, (23/09/2020), tetapkan satu pasangan calon pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Badung tahun 2020. Hal ini dikarenakan, sampai saat ini belum ada bakal pasangan calon Bupati Badung dan Wakil Bupati Badung lainnya yang mendaftar ke KPU Badung. Sehingga Pasangan Calon Bupati Badung dan Wakil Bupati Badung dari Paket Nyoman Giri Prasta dan Ketut Suiasa dipastikan melawan kolom kosong.

Ketua KPU Kabupaten Badung, I Wayan Semara Cipta mengatakan pada hari ini pihaknya telah menetapkan satu pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Badung dari paket Nyoman Giri Prasta dan Ketut Suiasa. Lantaran sampai saat ini, belum ada bakal pasangan calon Bupati Badung dan Wakil Bupati Badung lainnya yang mendaftar ke KPU Badung. Sehingga nantinya dalam Pilkada Badung ada dua kolom, yakni satu kolom berisi foto pasangan calon dan satunya hanya kolom kosong.

"Kami baru saja selesai pleno penetapan, ditetapkan pemilihan dengan satu pasangan calon," kata Semara Cipta kepada media suaradewata.com, Rabu, (23/09/2020).

Lebih lanjut Semara Cipta mengatakan, secara prinsip dan aturan, jika masyarakat nantinya mencoblos pasangan calon pada surat suara itu sudah termasuk sah, apalagi mencoblos kolom kosong juga sah. 

"Artinya, mencoblos pasangan calon sah, kemudian mencoblos kolom kosong juga sah," ujarnya.

Karena hanya satu pasangan calon saja, kata ia, untuk Alat Paraga Kampanye (APK) kepada pasangan calon hanya dibuat yang isi pasangan calon saja. Kecuali nanti dari KPU sendiri membuat bahan sosialisasi, sehingga yang disosialisasikan itu adalah spesimen surat suara. 

"Nanti setelah pengundian tata letak, begitu sudah, nanti spesimennya surat suara lah  kita sosialisasikan kepada masyarakat baik berupa baliho, kita akan pasang di masing masing Kecamatan, kita ada 6 Kecamatan, jadi sesuai dengan spesimen surat suara. Besok pengundian tata letak, letak kiri atau kanan tidak ada nomer urut dia," terangnya.ang/utm

 


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER