Wabup Kembang Dorong Minat Generasi Muda Tekuni Pertanian

  • 22 September 2020
  • 19:20 WITA
  • Jembrana
  • Dibaca: 1617 Pengunjung
suaradewata

Jembana,suaradewata.com- Minimnya minat generasi milenial dikhawatirkan akan mengancam keberlanjutan pertanian di Indonesia pada umumnya dan Gumi Makepung Jemrana pada kususnya. Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Jembana melalui Dinas Pertanian dan Pangan Jembana menyerahkan sebanyak 30 unit Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan) kepada kelompok tani/subak yang ada di Jembrana di Balai Benih Pembantu (BBP) Desa Pohsanten, Kecamatan Mendoyo, Kabupaten Jembrana. Selasa (22/9).

Wakil Bupati Jembrana I Made Kembang Hartawan didampingi Kepala Dinas Pertanian dan Pangan, I Wayan Sutama mengatakan, saat ini minat generasi muda terhadap bidang pertanian harus terus-menerus digelorakan. Mengingat sekarang terdapat teknologi pertanian, salah satunya berupa modernisasi ALSINTAN, yang tidak lagi menggunakan cara-cara konvensional. “Dengan adanya modernisasi alsintan tersebut, dapat memacu minat generasi muda untuk terjun kedalam sektor pertanian, sehingga kedepan dapat memajukan sektor pertanian di Kabupaten Jembrana,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Wabup Kembang Hartawan mengatakan, kedepan sektor pertanian harus terus-menerus dimaksimalkan, mengingat sektor pertanian menjadi salah satu prioritas unggulan dari Kabupaten Jembrana. Apalagi di tengah kondisi pandemi Covid-19 ini, sektor pertanian tidak boleh berhenti dan harus tetap beraktivitas. Karena mengemban tugas mulia guna mewujudkan ketersediaan bahan pangan bagi masyarakat. “Untuk itu dengan adanya bantuan ALSINTAN ini, Saya berharap agar dijaga dan dipelihara dengan baik serta dimanfaatkan secara optimal guna meningkatkan produksi pertanian di Kabupaten Jembrana,”jelasnya

Hal senada diungkapkan oleh Kadis Pertanian dan Pangan Jembrana I Wayan Sutama. Seluruh bantuan ALSINTAN yang diserahkan hari ini kepada kelompok tani/subak se-Kabupaten Jembrana bersumber dari APBN khususnya dari Kementrian Pertanian. Bantuan itu berupa perbaikan infrastruktur pertanian, bantuan benih, bantuan pupuk, bantuan alsintan dan lainnya. Bantuan terdiri dari, Combine Harvester (Mesin Pemanen Padi) sebanyak 2 unit, Power Thresher (Alat Perontok  Padi) sebanyak 2 unit, Traktor Roda Dua sebanyak 6 unit, Traktor Roda Empat sebanyak 3 unit, Pompa Air sebanyak 15 unit, Ternak sapi sebanyak 32 ekor kepada 2 kelompok serta Pekarangan Pangan Lestari (P2L) kepada 5 kelompok. 

“Diharapkan bantuan ALSINTAN yang diserahkan hari ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh seluruh kelompok tani/subak sehingga dapat meningkatkan produksi pertanian di Kabupaten Jembrana,” pungkasnya dep/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER