Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Perwakilan Masyarakat Karangasem Sampaikan Aspirasi ke DPRD Provinsi Bali

  • 15 Agustus 2020
  • 08:50 WITA
  • Karangasem
  • Dibaca: 1234 Pengunjung
Suaradewata

Karangasem, suaradewata.com-Ratusan orang perwakilan masyarakat dari delapan kecamatan di Kabupaten Karangasem, Jumat (14/8/2020) mendatangi Gedung DPRD Provinsi Bali, untuk menyampaikan aspirasi terkait penyaluran BSU Provinsi Bali di Karangasem yang dinilai tidak tepat sasaran.

 

Tiba di gedung DPRD Provinsi Bali sekitar pukul 12.30 Wita, rausan perwakilan warga tersebut langsung diterima oleh Ketua Komisi II DPRD Provinsi Bali, IGK Kresna Budi bersama sejumlah anggota diantaranya I Kade Darma Susila, untuk berdialog di wantilan gedung DPRD setempat.

 

Kepada anggota Komisi II DPRD Provinsi Bali, perwakilan masyarakat Karangasem tersebut menyampaikan aspirasinya terkait penyaluran BSU Provinsi Bali yang dinilai tidak tepat sasaran dan penuh muatan politis. Contohnya di Kecamatan Kubu, dimana warga akan diberikan BSU jika bersedia memilih partai dan pasangan tertentu. Dan bahkan ada kepala dusun mulai dari anak hingga istrinya menerima BSU, dan ada sejumlah PNS juga ikut menerima BSU, termasuk istri salah satu perbekel.

 

Salah satu perwakilan masyarakat dari Dusun Muntigunung, Kecamatan Kubu, I Nyoman Cedang mengatakan, di dusunya dari seribu lebih warga yang mengajukan BSU, tidak satupun warga yang mendapatkan BSU. Padahal kata dia segala persyaratan telah dipenuhi atau dilengkapi. “Di dusun kami di Munti Gunung ada ribuan yang mengajukan BSU. Padahal kami sudah memenuhi segala persyaratan yang ditentukan, namun tak satu pun warga kami yang mendapatkan BSU,” beberanya.

 

Jadi wajar jika dirinya dan warga di dusunya itu mempertanyakan soal penyaluran BSU tersebut. Pasalnya kata Cedang, dari data dan informasi yang diperolehnya, di sejumlah dusun ada seratus orang lebih yang menerima BSU  dalam satu dusun atau Banjar Dinas.

 

Koordinator Perwakilan Masyarakat, I Gusti Putu Darma Putra, dalam kesempatan itu menyampaikan jika pada intinya kedatangan ratusan perwakilan warga dari seluruh kecamatan di Karangasem ini untuk menyampaikan asirasi terkait masalah penyaluran BSU. Pihaknya berharap agar anggota DPRD Provinsi bisa menindaklanjuti aspirasi yang disampaikan oleh masyarakat Karangasem tersebut. “Di Munti Gunung itu ada ribuan loh yang mengajukan BSU, tapi tak satupun warga yang mendapatkan BSU,” sebutnya.

 

Sementara itu, Ketua Komisi II DPRD Provinsi Bali, IGK Kresna Budi, mengakui jika pihaknya di Komisi II sama sekali tidak mendapatkan data terkait hasil verifikasi yang telah dilakukan tersebut oleh Dinas  Koperasi Provinsi Bali tersebut. Sedangkan dari informasi yang diperolehnya jika verifikasi data masyarakat yang mengajukan BSU tersebut dilakukan oleh Dinas Koperasi Kabupaten Karangasem. Namun ternyata dari pihak Dinas Koperasi Kabupaten Karangasem sendiri menyatakan jika proses verifikasi dilakukan oleh Dinas Koperasi Provinsi Bali karena itu merupakan kewenangan provinsi.

 

“Nah ini akan kita telusuri. Kami akan panggil Dinas Koperasi Provinsi dan Kabupaten untuk dimintai penjelasan, mana sebenarnya yang benar. Kami akan menindaklanjuti aspirasi warga ini setelah selesai masa reses,” janjinya.nov/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER