Sekda Bali Ajak Masyarakat Hentikan Aktivitas Sejenak Mengikuti Peringatan Detik-Detik Proklamasi

  • 14 Agustus 2020
  • 13:30 WITA
  • Denpasar
  • Dibaca: 1620 Pengunjung
suaradewata

Denpasar, suaradewata.com - Untuk meningkatkan semangat nasionalisme dan meningkatkan kekhidmatan pelaksanaan Upacara Peringatan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2020, serta menyampaikan rasa syukur atas kemerdekaan yang telah diproklamirkan, maka kepada seluruh warga masyarakat diminta ikut serta dalam peringatan detik-detik proklamasi 17 Agustus nanti. Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Bali Dewa Made Indra dalam keterangan persnya pada Kamis (13/8) sore di Denpasar.

Dewa Indra juga menyatakan bahwa keterlibatan masyarakat dapat dilakukan dengan menghentikan sejenak aktivitas dan berdiri tegap dengan sikap sempurna pada Senin, 17 Agustus 2020 selama 3 menit mulai Pukul 11.17 Wita sampai Pukul 11.20 Wita.

"Kepada media penyiaran televisi maupun radio, saya minta untuk menyiarkan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi 17 Agustus serta mengumandangkan lagu Indonesia Raya," jelas birokrat asal Desa Pemaron, Buleleng ini.

Selain itu, kepada instansi baik TNI, Polri, dan Pemerintah Kabupaten/Kota se-Bali diminta untuk membunyikan sirine secara bersama-sama pada tanggal 17 Agustus 2020 selama 3 menit mulai Pukul 11.17 Wita s/d 11.20 Wita.

"Sirine yang dibunyikan bisa sirene mobil yang dimiliki TNI dan Polri, sirine mobil Satpol PP, sirine mobil pemadam kebakaran, sirine mobil ambulans, maupun sirine lainnya. Dimohon agar penempatan lokasi sirine dilakukan secara tersebar di beberapa lokasi yang berbeda sehingga menjangkau masyarakat seluas mungkin," terangnya.

Ditambahkan Dewa Indra, Pemerintah Kabupaten/Kota dan Kecamatan agar mengkoordinasikan dengan Pemerintah Desa / Kelurahan dan Desa Adat agar bisa membunyikan sirine di setiap Desa / Kelurahan dan Desa Adat, dan sekaligus mengimbau masyarakat di wilayah masing-masing untuk melaksanakan imbauan ini dengan baik dan tertib.

Sebelumnya Pemerintah Provinsi Bali melalui Sekda Dewa Indra, telah mengeluarkan Surat Edaran Nomor 003/15749/APOTDA/B.PEM.KESRA tentang Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Dalam Surat Edaran tertanggal 30 Juli 2020 itu, Sekda Dewa Indra berharap seluruh masyarakat Bali turut serta menyemarakkan Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-75 Kemerdekaan Rl Tahun 2020. Dewa Indra dalam surat edarannya itu menegaskan agar masyarakat memasang dan mengibarkan Bendera Merah Putih, umbul-umbul, dekorasi atau hiasan lainnya secara serentak mulai tanggal 1 sampai dengan 31 Agustus 2020 di depan rumahnya masing-masing.

Tak hanya itu, Sekda Dewa Indra juga berharap masyarakat Bali bisa secara maksimal memanfaatkan logo dan desain turunan HUT Ke-75 Kemerdekaan Rl ke dalam berbagai media, website, media sosial instansi, stiker kendaraan dinas dan kendaraan jemputan, souvenir maupun merchandise instansi lainnya.awp/utm


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER