Giri Prasta Serahkan Hadiah Lomba dan Video Pembuatan Ogoh-Ogoh

  • 24 Juli 2020
  • 18:00 WITA
  • Badung
  • Dibaca: 1575 Pengunjung
Istimewa

Badung,suaradewata.com - Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta didampingi Sekretaris Daerah I Wayan Adi Arnawa serta Kadis Kebudayaan Gde Eka Sudarwita menyerahkan hadiah lomba ogoh-ogoh dan lomba video proses pembuatan ogoh-ogoh Sekaa Teruna Tahun 2020 serta insinye kepada Bendesa Adat baru tahun 2019 dan 2020 bertempat di Ruang Kriya Gosana Puspem Badung, Jumat (24/07/2020).

Bupati Giri Prasta dalam sambutannya menyampaikan komitmennya dalam menguatkan desa adat dan meningkatkan kreativitas generasi muda milenial di Kabupaten Badung. 

"Penyerahan hadiah lomba ogoh ogoh kepada pemenang 1, 2 dan 3 serta harapan 1, 2 dan 3 merupakan wujud komitmen dan perhatian kami untuk menumbuhkan kreativitas generasi milenial di Kabupaten Badung. Karena di era modern ini kita membutuhkan generasi yang kreatif. Demikian juga dengan lomba video proses pembuatan ogoh-ogoh, kita mengharapkan bisa menumbuhkan kreativitas generasi muda dalam hal videografi. Inilah cara kami untuk melahirkan SDM unggul di Kabupaten Badung karena sejak awal mereka sudah terlatih sehingga bisa kita ajak untuk bersama membangun Badung sehingga perekonomian bisa digerakkan dengan kreativitas," papar Giri Prasta.

Lebih lanjut disampaikan terkait dengan diserahkannya insinye kepada Bendesa Adat yang terpilih di tahun 2019 dan 2010 merupakan bentuk penghargaan kepada Bendesa Adat yang selalu berdiri di depan dalam melestarikan kegiatan budaya, adat dan Agama Hindu ditengah masyarakat di wilayah Kabupaten Badung. 

"Desa adat di Kabupaten Badung akan terus kita lestarikan dengan selalu memberikan perhatian yang serius melalui program pembinaan maupun pemberdayaan," tegasnya.

Sementara itu Kadis Kebudayaan Gde Eka Sudarwita melaporkan penyerahan hadiah lomba ogoh-ogoh, lomba video proses pembuatan ogoh-ogoh dan insinye kepada Bendesa Adat didasari oleh Keputusan Bupati Badung No. 77/043/HK/2020 tentang Pembentukan Panitia Pelaksana Penunjukan Tim Juri dan Peserta Peningkatan Kreativitas Sekaa teruna dan Keputusan Bupati Badung No. 52/043/HK/2020 tentang Pembentukan Panitia Pengadaan Perlengkapan Bendesa Adat dan Kelian Banjar Adat di Kabupaten Badung.

Berkaitan dengan lomba ogoh-ogoh dilaporkan bahwa tanggal 17 Maret 2020 Bupati Badung menyerahkan dana Rp22.712.135.200 kepada 563 Sekaa Teruna dimana masing-masing menerima dana Rp40 juta untuk membuat ogoh-ogoh. Dimana berdasarkan penilaian yang dilakukan dari tanggal 24 Februari sampai 19 Maret 2020, sebagai juara 1 diraih oleh ST Widya Dharma, Banjar Tengah Pecatu dengan tema Sangkala Agung dan berhak atas hadiah Rp25 juta. Juara 2 diraih oleh ST. Bakti Asih Banjar Teba Jimbaran dengan tema Sang Dorakala mendapatkan hadiah Rp20 juta dan Juara 3 diraih oleh ST. Bhakti Karya Banjar Badung Munggu dengan tema Roga Maha Putra berhak atas hadiah Rp15 juta.

Sedangkan untuk lomba video proses pembuatan ogoh-ogoh yang hadiahnya bersumber dari dana pribadi Bupati Badung masing-masing diberikan kepada juara 1 yang diraih oleh ST. Eka Bhuana Tunggal Banjar Seminyak Kaja dengan tema Sandikala mendapatkan hadiah Rp. 20 juta, Juara 2 ST. Saraswati Banjar Anyar Kelod Kerobokan dengan tema Somya Rupa meraih hadiah Rp. 15 juta dan Juara 3 ST Yowana Pratyaksa Banjar Bualu Kuta Selatan dengan tema Sunda Upasunda mendapatkan hadiah Rp. 10 juta. 

"Hadiah lomba ogoh ogoh bersumber dari APBD dan untuk hadiah lomba video ogoh ogoh bersumber dari dana pribadi Bapak Bupati Giri Prasta. Semua ini sebagai upaya kita dalam menjaga kelestarian adat, tradisi dan budaya di Kabupaten Badung," ujar Eka Sudarwita mantan Camat Petang ini.ang/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER