Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Edukasi Cinta Lingkungan, Surya Adnyani Mahayastra Bagikan Tumbler kepada Siswa SD

  • 24 Juli 2020
  • 16:45 WITA
  • Gianyar
  • Dibaca: 1366 Pengunjung
suaradewata

Gianyar, suaradewata.com - Bertepatan Hari Anak Nasional menjadikan momen indah bagi Ketua TP PKK Kabupaten Gianyar, Ny Surya Adnyani Mahayastra untuk mencurahkan rasa cintanya kepada anak - anak. Istri Bupati Gianyar ini menghadiahkan tumbler (botol minuman) kepada siswa SD se-Desa Medahan, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar, Jumat (24/7/2020).

Acara tersebut dikoordinasikan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Gianyar dan Pemerintah Desa Medahan. Penyerahan tumbler dilakukan langsung oleh Ketua TP PKK Kabupaten Gianyar Ny. Surya Adnyani Mahayastra, didampingi Ketua Komisi 4 DPRD Gianyar Ni Made Ratnadi, Plt Kepala DLH Gianyar I Wayan Kujus Pawitra, Perbekel Medahan I Wayan Buana, prajuru Desa adat Medahan dan Cucukan, insan peduli lingkungan, dan PKK.

Sebelum menyerahkan tumbler, Ketua TP PKK Kabupaten Gianyar Ny. Surya Adnyani Mahayastra mengedukasi anak - anak tentang pola hidup bersih dan sehat.Terutama tentang manfaat tumbler bagi anak - anak. Dengan membawa tumbler anak - anak dapat menghentikan kebiasaan memakai botol plastik minuman sekali pakai hingga menimbulkan sampah plastik. Anak - anak akan bisa hemat uang dan sehat. Dengan membawa tumbler anak - anak terbiasa  minum - minuman sehat terutama air mineral. Maka anak - anak terhindar jajan di jalanan. "Makanya serangkaian perayaan Hari Anak ini adalah momen tepat bagi para orang tua untuk mengedukasi anak - anak ikut peduli terhadap lingkungan bersih dan sehat" jelasnya.

Menyinggung tentang pengelolaan sampah, Ny. Surya Adnyani memaparkan, selama ini persoalan sampah rumah tangga khususnya, sering dikaitkan dengan peran ibu - ibu baik sebagai pengasuh keluarga maupun pelaku kerja domestik khususnya memasak. Dia memaklumi pekerjaan domestik di dapur tersebut pasti menimbulkan sampah baik organik dan anorganik. Namun pengelolaan sampah tersebut tentu tak sepenuhnya menjadi tanggubgjawab ibu, melainkan semua anggota keluarga, termasuk anak - anak dan remaja.

"Oleh karena itu, pengelolaan sampah yang baik dan benar harus diajarkan dan dilakukan oleh anak - anak sejak usia dini. Edukasi tentang pengelolaan sampah harus kita berikan kepada anak anak," ujar istri Bupati Mahayastra ini.

Ia mengimbau kepada masyarakat khususnya ibu – ibu, agar cerdas mengelola sampah. Sebelum dititipkan kepada petugas pemungut, sampah harus dipilih dua yakni organik dan anorganik. Dengan pilihan ini, petugas akan sangat mudah mengolah di tempatnya. Anggota keluarga juga agar pintar - pintar mengelola sampah organik jadi pupuk kompos, jadi perabotan, dan kebutuhan lainnya. "Manfaatkan barang yang tak terpakai agar tak terbuang percuma dan tak selalu harus jadi sampah," imbaunya.

Plt Kepala DLH Gianyar I Wayan Kujus Pawitra menjelaskan pemberian tumbler ini sebagai bagian dari Implementasi Pergub Nomor 47 Tahun 2018 tentang Pengolahan Sampah Berbasis Sumber Berprinsip 3R. (Recycle, Reuse, Reduce).Lebih khusus lagi implementasi Perbup Gianyar Nomor 149 Tahun 2018 tentang Pengurangan Penggunaan  Kantong Plastik dan Perbup Nomor 18 Tahun 2019 tentang Kebijakan dan Srategi dalam Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga. Kegiatan ini akan dilaksanakan secara berkelanjutan di sekolah sekolah lain di seluruh Kabupaten Gianyar.

Sementara itu, Perbekel Desa Medahan, I Wayan Buana, mengatakan kegiatan pemberian tumbler oleh desa ini merupakan bagian penting dalam misi desa dalam mengelola persampahan. Menurutnya, anak - anak terutama SD kerap membeli minuman yang biasa dibungkus dengan plastik. Kondisi tentu bertentangan dengan upya mengurangi timbulan sampah plastik di desa. Pihaknya kini sedang menyiapkan pembangunan TPS3R dengan memanfaatkkan tanah laba subak. "Kami tentu angat berterima kasih kepada jajaran DLH Gianyar atas pembinaannya selama ini," jelasnya.

Kegiatan tersebut diakhiri dengan simulasi pembuatan kompos oleh konsultan lingkungan dari DLH Gianyar, penyerahan bantuan tanaman pekarangan kepada ibu - ibu PKK dan tas ramah lingkungan oleh Ketua TP PKK Kabupaten Gianyar. Tidak luput juga, Ketua TP PKK juga menyempatkan diri sarapan makan bubur bersama dengan anak - anak sekolah dan orang tua murid.gus/rls/utm


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER