Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Dilantik Menag, Suwindia Nahkodai STAHN Mpu Kuturan Singaraja

  • 23 Juli 2020
  • 20:00 WITA
  • Buleleng
  • Dibaca: 1246 Pengunjung
Istimewa

Singaraja, suaradewata.com - Menteri Agama RI, Fachrul Razi secara resmi melantik Dr. I Gede Suwindia, S.Ag., M.A sebagai Ketua Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri (STAHN) Mpu Kuturan Singaraja periode 2020-2024, Kamis (23/7) berdasarkan SK Menteri Agama RI No 019010/B.II/3/2020 tertanggal 20 Juli 2020. Pelantikan dilaksanakan di auditorium H. Rasyidi Gedung Kementrian Agama RI, Jakarta.

Seremonial pelantikan juga dihadiri, Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi, Plt Sekjen Kemenag Nizar, Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin, staff khusus Menteri Agama, serta sejumlah pejabat II Kemenag.

Dalam kesempatan tersebut, ada tiga pimpinan PTKN yang dilantik. Diantaranya Dr Marjoni Imamora, M.Sc sebagai Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar, Prof. Dr. Nyayu Khodijah, S.Ag, M.Si sebagai Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang dan Dr. I Gede Suwindia, S.Ag, MA sebagai Ketua Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri (STAHN) Mpu Kunturan Singaraja.

Menag Fachrul Razi menegaskan pimpinan perguruan tinggi yang baru dilantik dipilih bukan karena kenal dengan menteri agama ataupun wakil menteri agama tetapi karena dinilai layak dalam menjalankan tugas yang diamanatkan.

"Laksanakan tugas dengan baik dan mengemban amanah sebaik-baiknya. Seleksi pimpinan PTKH bebas dari intervensi dan gratifikasi," kata Menag.

Sementara itu, Ketua STAHN Mpu Kuturan Singaraja, Gede Suwindia seusai dilantik menjelaskan pihaknya berkomitmen untuk membesarkan lembaga perguruan Tinggi Negeri Hindu satu-satunya di Bali Utara tersebut.

"Berbicara STAHN bukan hanya membangun SDM yang ada di Singaraja ataupun Kabupaten Buleleng semata, tetapi juga Bali dan beberapa daerah lainnya melalui program Tri Dharma Perguruan Tinggi yang ada," papar pria yang juga sebagai alumni KMHDI tersebut.

Diberitakan sebelumnya, seleksi pemilihan ketua STAHN Mpu Kuturan Singaraja dimulai dari tahapan penjaringan bakal calon ketua pada 7 Januari 2020.Proses selanjutnya, panitia seleksi menjaring tiga orang calon masing-masing Prof Winaja dari Universitas Hindu Indonesia (UNHI), Dr. I Gede Suwindia dari Universitas Hindu Negeri (UHN) I Gusti Bagus Sugriwa dan Dr. Drs. I Made Ariasa Giri, M.Pd dari STAHN Mpu Kuturan.

Ketiganya dinyatakan lulus seleksi administrasi dan lolos pada proses selanjutnya yakni penilaian kualitatif dari Senat Akademik STAHN Mpu Kuturan. Hasil penilaian kualitatif kemudian dikirim ke pusat (Pansel Kemenag) untuk mengikuti fit and proper tes (tes wawancara).

Berdasarkan hasil seleksi tersebut, Suwindia yang notabene adalah alumni Universitas Gajah Mada berhasil menyisihkan kedua saingannya dan terpilih sebagai Ketua STAHN Mpu Kuturan Singaraja.****


Keterangan foto

Menteri Agama RI, Fachrul Razi secara resmi melantik Dr. I Gede Suwindia, S.Ag., M.A sebagai Ketua Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri (STAHN) Mpu Kuturan Singaraja periode 2020-2024, Kamis (23/7).rls/sar/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER