Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Bupati Karangasem Resmikan Embung Badeg Tengah, Desa Sebudi, Kecamatan Selat

  • 14 Juli 2020
  • 18:10 WITA
  • Karangasem
  • Dibaca: 1187 Pengunjung
istimewa

Karangasem, suaradewata.com - Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri menghadiriupacara melaspas sekaligus meresmikan embung, Senin (13/7/2020) di Banjar Badeg Tengah, Desa Sebudi Kecamatan Selat. Prosesi pemelaspasan dipimpin oleh Jero Mangku Nyoman Suarja dan diikuti oleh masyarakat sekitar.

Turut mendampingi Bupati Mas Sumatri  diantaranta Kadis Pertanian, Kadis PMD, Kadisdukcapil dan Camat Selat. 

Ketua Kelompok Tani Ternak Sapi Batu Sari, I Gede Suyasa selaku pengurus embung mengatakan,air embung di Badeg Tengah ini dimanfaatkan untuk pemeliharaan hewan (mendukung keberlangsungan ternak) serta untuk memenuhi kebutuhan air masyarakat sekitar.

Embung yang dikelola kelompok tani ternak sapi Batu Sari  memiliki panjang 19 meter,lebar 7 meter, kedalaman 4,5 meter dengan kapasitas air 500 meter kubik. Embung ini di gunakan untuk menampung air yang digunakan oleh sekitar 86 kepala keluarga.

Usai meresmikan embung, Bupati Mas Sumatri menyempatkan diri berbincang-bincang dengan warga sekitar. Ia mengaku sangat mengapresiasi peresmian embung yang dikelola oleh masyarakat sekitar. Diharapkan dengan adanya embung ini, masyarakat sekitar bisa menikmati air bersih. 

Mas Sumatri menambahkan, keberadaan air bersih saat ini sangat penting. Dengan adanya air ini, masyarakat diwajibkan selalu mencuci tangan seusai beraktifitas. Hal ini berkaitan dengan pandemi Covid 19 yang masih membayangi masyarakat walau kini pemerintah telah memulai  membuka tatanan adaptasi kebiasaan baru atau new normal.

“Jangan sampai masyarakt disini kena Covid. Masyarakat di sini juga wajib memakai masker dan mengatur jarak saat beraktifitas,” tegas Bupati Mas Sumatri.

Menurut Bupati Mas Sumatri, dalam situasi seperti ini, masyarakat harus saling tolong menolong. Dalam setiap kesempatan menemui masyarakat, Bupati Mas Sumatri mengaku tidak pernah bosan mengingatkan masyarakat agar taat terhadap protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid 19.

“Kita juga harus bersyukur dengan adanya air bersih yang sudah ditampung dalam embung ini. Sama halnya dengan di Desa Kubu kita sudah meresmikan air Telaga Waja sampai masyarakatnya punya kaul dan menyatakan hal ini adalah hadiah tertinggi dari Tuhan,” imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Mas Sumatri juga meminta Camat Selat untuk menggali aspirasi masyarakat. 

Mas Sumatri mengatakan, sesuai visi misi sebagai pimpinan daerah, salah satu point utama yang harus dilaksanakan adalah tuntas air bersih. Ke dua adalah tuntas gepeng. Pemerintah Daerah untuk hal ini sudah membuat Desaku Menanti yang di Kecamatan Kubu. Kemudian program tuntas kumuh yang direalisasikan pemerintah dengan membenahi pariwisata. Terakhir tuntas pendidikan, pemerintah juga sudah membuat KKC atau Kartu Karangasem Cerdas.

“Saya selaku perwakilan seorang ibu, sekaligus menjadi seorang bupati akan mensosialisasikan dan mengkondisikan permintaan masyarakat,” janjinya.

 Bupati Mas Sumatri dalam kesempatan tersebut juga memberikan dana punia yang diterima Ketua Kelompok Tani Ternak Sapi Batu Sari, I Gede Suyasa.nov/rls/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER