Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Tiga Orang Nakes di Buleleng Dinyatakan Positif Covid-19

  • 13 Juli 2020
  • 20:30 WITA
  • Buleleng
  • Dibaca: 1178 Pengunjung
istimewa

Buleleng, suaradewata.com - Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Buleleng, Senin (13/7/2020) mencatat tiga orang tenaga kesehatan (nakes) di Buleleng dinyatakan positif terpapar virus Corona atau Covid-19 dari hasil swab. Ketiga nakes positif dengan kode PDP 134, PDP 135 dan PDP 136 ini diduga tertular dari PDP 127 yang tak lain adalah seorang ibu hamil dari Kecamatan Seririt.

Sekretaris GTPP Covid-19 Buleleng yang juga Sekda Buleleng, Gede Suyasa mengatakan, ketiga nakes yang kini dinyatakan positif itu bertugas di dua RS berbeda yang ada di Buleleng. Untuk PDP 134 dan PDP 135 bertugas di salah satu RS di Kecamatan Seririt. Sementara PDP 136 bertugas di RSUD Buleleng. Lantaran sudah ada nakes yang positif Covid-19, Suyasa mengaku, belum ada rencana untuk menutup dua RS tersebut.

Pasalnya, pihaknya tengah melakukan pelacakan lanjutan dari ketiga nakes tersebut. "Ketiga nakes positif ini adalah hasil tracing yang sempat kontak dengan PDP 127. Kami sekarang masih tracing di ketiga nakes ini, kepada siapa saja kontak. Kami belum melakukan itu (penutupan, red). Tapi ini tetap menjadi perhatian bersama," kata Suyasa.

Terkait upaya untuk menghindarkan nakes dari penularan virus Corona, Suyasa mengaku sudah sejak dulu dilakukan. Hanya saja, selama ini pelayanan lebih terkonsentrasi pada pasien yang bergejala dan yang sudah terkonfirmasi. Atas penambahan tiga kasus baru dari nakes, Suyasa meminta agar para pasien umum yang datang ke pelayanan fasilitas kesehatan untuk jujur kepada tim medis.

"Peluang penularan Covid-19 di Buleleng masih cukup tinggi. Ikuti saja protokol kesehatan yang diberlakukan jika datang ke fasilitas kesehatan, walaupun merasa tidak bergejala. Pasien harus jujur. Jika merasakan sesuatu mengarah untuk segera disampaikan kepada tim medis. Sehingga, penularannya bisa dicegah," tandas Suyasa.

Sementara perkembangan penanganan Covid-19 di Buleleng, saat ini terdapat secara kumulatif jumlah pasien positif sebanyak 108 orang, dinyatakan sembuh ada 96 orang, masih dalam perawatan di Buleleng sebanyak 11 orang dan 1 orang dirujuk ke Denpasar. Jumlah PDP negatif sebanyak 26 orang, terkonfirmasi ada 7 orang, dan dirawat sebanyak 2 orang. rik/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER