Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Komisioner Bawaslu RI Tinjau Kesiapan Bawaslu Badung Laksanakan Pengawasan Pilkada 2020

  • 10 Juli 2020
  • 22:55 WITA
  • Badung
  • Dibaca: 1304 Pengunjung
istimewa

Badung, suaradewata.com - Koordinator Divisi (Kordiv) Hukum, Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi Bawaslu RI, Fritz Edward Siregar melakukan kunjungan kerja ke Bawaslu Kabupaten Badung, Jumat (10/7/2020). Kunjungan Fritz untuk memastikan kesiapan dan persiapan pelaksanaan pengawasan jajaran Bawaslu Kabupaten Badung dalam penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Badung tahun 2020.

Kedatangan Fritz Edward Siregar ke Kantor Bawaslu Kabupaten Badung didampingi Ketua Bawaslu Provinsi Bali, Ketut Ariyani, I Ketut Rudia, (Kordiv Hukum, Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi), Ir. I Ketut Sunadra (Kordiv Penyelesaian Sengketa), Ida Bagus Putu Adinatha (Kepala Sekretariat), dan I Made Aji Swardhana (Kabag Penanganan Pelanggaran, Sengketa Proses, dan Hukum). Dalam arahannya, Fritz memastikan kelengkapan jajaran Panwaslu Kecamatan (Panwaslucam) dan Panwaslu Kelurahan/Desa (PKD) pasca pengaktifan kembali jajaran Panwaslucam dan PKD pada 14 Juni 2020. "Saya mengapresiasi 18 orang Panwaslucam dan 62 orang PKD lengkap semua tidak ada yang mengundurkan diri tetap berkomitmen menjalankan tugas sebagai penyelenggara di tengah pandemi," ujar Fritz.

Selain itu, Fritz juga memastikan pelaksanaan protokol kesehatan sebagai prasyarat Pilkada di tengah pandemi dapat dilanjutkan yaitu screening awal berupa rapid test bagi jajaran pengawas Pemilu se-Kabupaten Badung guna memastikan kesehatan pengawas. "Jajaran Bawaslu agar fokus mengawasi sesuai fungsi dan kewenangan sebagai penyelenggara pengawasan dan memberikan keadilan Pemilu, sesuai falsafah dasar pembentukan Bawaslu sebagai bagian dari proses demokrasi di Indonesia," tegasnya.

Bawaslu RI dalam waktu dekat akan segera menerbitkan Peraturan Bawaslu tentang pengawasan penerapan protokol pencegahan Covid-19 bagi jajaran penyelenggara, menyusul diterbitkannya Peraturan KPU Nomor 6 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pilkada Serentak Lanjutan dalam Kondisi Bencana Non-Alam Covid-19, yang akan menjadi tugas tambahan bagi jajaran Pengawas Pemilu.

Pada kesempatan itu, dilakukan penyerahan dan penyematan secara simbolis Alat Pelindung Diri oleh Fritz, kepada jajaran Panwaslucam dan PKD, yang diwakilkan oleh Ida Ayu Gde Manik Astuti (Panwaslucam Abiansemal) dan I Made Dharmayasa (Panwaslucam Kuta Selatan), berupa masker, hand sanitizer, sarung tangan dan face shield.

Humas Bawaslu Badung pun mendapat penghargaan atas prestasi kehumasan sebagai Bawaslu dengan jumlah pemberitaan terbanyak tingkat Bawaslu Kabupaten/Kota se-Bali periode Januari–Juni 2020 yang diselenggarakan oleh Bawaslu Provinsi Bali dalam kegiatan Peningkatan Kapasitas Kehumasan Bawaslu Kabupaten/Kota se-Bali. Piagam diterima oleh Kordiv Pengawasan, Humas, dan Hubal Bawaslu Badung.

Di penghujung acara kunjungan, Fritz melakukan peresmian Pojok Pengawasan yang bertempat di halaman kantor Bawaslu Badung. Peresmian ditandai dengan pemotongan pita dan menuliskan serta menandatangani plakat tanda kunjungan kerja, dengan disaksikan oleh seluruh hadirin. Pojok Pengawasan Bawaslu Badung adalah ruangan terbuka untuk umum bagi masyarakat di Kabupaten Badung sebagai sarana bincang santai perihal demokrasi, kepemiluan, dan pengawasannya. Kedepan akan dikemas dengan konsep NgoPi atau Ngobrol Pemilu/Pilkada sambil ngopi santai. Program Pojok Pengawasan digagas Bawaslu RI dalam upaya program pengawasan partisipatif dan sarana edukasi non-formal bagi masyarakat. Pengawasan partisipatif adalah pengawasan berbasis partisipasi masyarakat untuk turut mengawasi Pemilu/Pilkada. gus/ari


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER