Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Agung Inda Trimafo Dampingi Tim Verifikasi Obyek Wisata di Badung

  • 10 Juli 2020
  • 21:00 WITA
  • Badung
  • Dibaca: 1345 Pengunjung
Suaradewata

Badung,suaradewata.com - Anggota DPRD Kabupaten Badung, I.G.A. Agung Inda Trimafo Yudha dampingi tim verifikasi obyek wisata yang ada di Kabupaten Badung, Jumat, (10/07/2020). Dalam melakukan pendampingan tersebut, Agung Inda Trimafo menilai obyek wisata yang dikunjungi sudah siap dibuka, namun masih ada sedikit catatan-catatan kecil terhadap obyek wisata yang dikunjungi. 

Dalam kunjungan ke beberapa obyek wisata di Badung, seperti di Pod Chocolate, Obyek Wisata Sangeh, Alam Tirta dan Taman Ayun, dari empat titik yang dikunjungi tersebut hasilnya memuaskan, namun masih ada sedikit catatan-catatan kecil seperti kurangnya saint, kurangnya simbul-simbul dimana harus silang dan adanya pemenuhan ruang isolasi. Ruang isolasi tersebut dimaksud, apabila ada wisatawan nanti yang dinyatakan kurang sehat harus ditaruh disuatu ruangan tersebut sebelum dijemput oleh Dinas Kesehatan terkait atau pihak rumah sakit. 

"Saya selaku mendampingi tim verifikasi datang kesini untuk mendampingi tim verifikasi yang sudah dibentuk oleh Kabupaten Badung, bahwa kami terus mengadakan pembimbingan untuk DTW DTW ini, semoga kesiapan ini bisa kami lakukan bersama dan membuka diri di wisatawan yang ada," kata Anggota DPRD Kabupaten Badung, I.G.A. Agung Inda Trimafo di Obyek Wisata Taman Ayun, Jumat, (10/07/2020). 

Dari obyek wisata yang dikunjungi tersebut, mereka tempat obyek wisata itu sudah siap dibuka, karena sudah 4 bulan menghadapi kasus Covid-19 ini. Dan untuk sertifikasi itu akan diberikan oleh bapak Bupati Badung Nyoman Giri Prasta sekaligus beberapa tahap awal untuk bisa menjadi syarat dibukanya obyek wisata.

"Tapi itu bukan ijin ya tapi paling tidak hal yang harus dipenuhi, jadi apa yang dilihat ini sudah banyak dilihat dari unsur terkait," terangnya.

Pemilik Pura Taman Ayun di Obyek Wisata Taman Ayun, Anak Agung Gede Agung yang merupakan pelingsir Puri Mengwi mengucapkan terimakasih atas kehadiran tim verifikasi ke obyek wisata Taman Ayun. Bahwa obyek wisata Taman Ayun itu ditinjau oleh tim verifikasi dari provinsi dan kabupaten yang dalam hal ini dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa. 

"Saya berterima kasih dan memberikan apresiasi, dan dari apa yang kami terima tadi dan dilihat sama beliau tadi nampaknya Taman Ayun sendiri sudah sangat memenuhi persyaratan untuk dibuka, disini prinsip prinsip yang dibilang bersih, sehat dan lainnya sudah dipenuhi oleh Tama Ayun disini," ungkap Anak Agung Gede Agung. 

Anak Agung Gede agung menerangkan, terkait hal itu, kita sedang mempertimbangkan kapan kita akan mulai untuk segera dibuka obyek wiatsa Taman Ayun ini. Tetapi bukan hari ini, sebab berdasarkan atas saran-saran tersebut memang tidak ada pembenahan yang prinsip. 

"Tetapi saya harus mencari hari baik untuk membuka ini untuk memberikan suatu kebaikan untuk kita semua, jadi prinsip kebersihan, prinsip kesehatan dan prinsip penanganan jika terjadi apa apa dan juga yang paling penting disisni adalah lingkungannya sudah bersih, jadi tidak ada lagi yang dipermasalahkan," ujarnya.

Sementara, Wakil Bupati Badung, I Ketut Suiasa mengatakan kehadiran dirinya ke Taman Ayun ini untuk memonitoring kesiapan daerah tujuan wisata yang kaitannya akan dibuka disektor pariwisata untuk kembali beroperasi. Karena kita di Badung sudah memiliki tim verifikasi dalam rangka verifikasi daerah tujuan wisata mana yang sudah memenuhi standar dan kelayakan akan dibuka. Maka demikian kami turunkan Tim verifikasi hari ini, sehingga nanti apakah daerah tujuan wisata dalam hal ini Taman Ayun ini sudah memenuhi kelayakan atau tidak, maka itu hasil rekomendasi dari tim verifikasi.

"Tetapi kali ini kita lihat dari prosedur kesiapan kesiapan sarana, kemudian sarana kesiapan personil ini sudah sangat siap di Taman Ayun," kata Suiasa.

Namun, kata ia, bahwa ada yang ditambahkan, yakni untuk bisa menyiapkan ruang isolasi dalam rangka menyiapkan siapa tahu ada tamu atau siapaun dalam kondisi tertentu diperkirakan memiliki gejala terpapar Covid-19 itu sendiri.

"Sehingga pada saat itu, sebelum ada dari tim yang menangani yang memiliki kapasitas terhadap hal itu maka orang ini harus diisolasi sementara di tempat, karena itulah kita minta kepada pengelola obyek wisata Taman Ayun untuk menyiapkan itu, jadi prinsipnya sudah tidak ada masalah bahkan sudah lengkap dan sudah siap semuanya," pungkasnya.ang/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER