Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Di Buleleng, Ada Penambahan 3 Pasien Positif dan 1 Orang Dinyatakan Sembuh

  • 04 Juli 2020
  • 17:45 WITA
  • Buleleng
  • Dibaca: 1421 Pengunjung
istimewa

Buleleng, suaradewata.com - Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Buleleng, Sabtu (4/7/2020) kembali mencatat ada penambahan 3 orang pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 atau terpapar virus Corona. Selain itu, terdapat satu orang pasien yang sebelumnya sempat dinyatakan positif Covid-19 kini dinyatakan sembuh yakni PDP 115.

Ketiga pasien yang dinyatakan positif ini yakni Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dengan masing-masing kode PDP 120, PDP 121, dan PDP 122. Kini dari gugus tugas telah melakukan tracing terhadap orang-orang yang sempat melakukan kontak erat dengan ketiga pasien itu.

Sekretaris GTPP Covid-19 Buleleng, Gede Suyasa mengatakan, dua dari ketiga pasien positif yakni PDP 121 dan 122 terpapar virus Corona karena sempat melakukan kontak dengan PDP 115 yang dinyatakan sembuh pada hari ini, yang mana mereka ini merupakan masih satu keluarga.

Sedangkan PDP 121 merupakan pasien dari sebuah rumah sakit swasta di Buleleng yang diketahui terkonfirmasi setelah melakukan rapid test dan swab test. Untuk PDP 115 yang dinyatakan sembuh, sebelumnya sudah menjalani perawatan selama 3 hari sejak 30 Juni 2020.

Setelah dinyatakan sembuh, kini PDP 115 sudah diperbolehkan pulang, namun harus tetap menjalani karantina mandiri di rumahnya selama 14 hari kedepan. Disisi lain Suyasa menjelaskan, terkait dengan Surat Keterangan (Suket) aman Covid-19 terhadap tempat ibadah yang akan melakukan upacara keagamaan maupun aktivitas sosial lainnya, masih bersifat dinamis.

"Evaluasi dilakukan berdasarkan update data perkembangan penanganan Covid-19 di Buleleng. Jika sudah tidak ada kasus Covid-19 di sekitaran wilayah tempat ibadah yang mengajukan Suket, maka Suket diberikan. Begitu juga sebaliknya," ujar Suyasa yang juga Sekda Buleleng.

Upaya ini, sambung Suyasa, sebagai antisipasi penyebaran dan penularan Covid-19. "Disetiap tempat ibadah harus menjalankan protokol kesehatan baik itu tempat cuci tangan, hand sanitizer, alat cek suhu tubuh, serta pengaturan jarak satu dengan yang lainnya," tandas Suyasa.

Untuk perkembangan penanganan Covid-19 di Buleleng, saat ini secara kumulatif jumlah PDP terkonfirmasi ada 99 orang, dinyatakan sembuh sebanyak 90 orang, dalam perawatan sebanyak 8 orang dan 1 orang dirujuk ke Denpasar. Jumlah PDP negati sebanyak 23 orang, dan PDP terkonfirmasi ada 7 orang.

Untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP) secara kumulatif berjumlah 123 orang, selesai masa pantau ada 113 orang dan terkonfirmasi terdapat 10 orang. Jumlah Orang Tanpa Gejala (OTG) sebanyak 1.950 orang, selesai masa pantau 1.705 orang, karantina mandiri ada 161 orang, dirawat di RS Pratama Giri Emas ada 2 orang, dan OTG terkonfirmasi sebanyak 82 orang. rik/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER