Patung Gajah Mada Berdiri Kokoh di Hari Bhayangkara ke-74 di Polres Gianyar

  • 01 Juli 2020
  • 18:45 WITA
  • Gianyar
  • Dibaca: 2218 Pengunjung
suaradewata

Gianyar, suaradewata.com – Patung Gajah Mada memegang senjata keris berdiri dengan tegap di halaman Mapolres Gianyar diresmikan bertepatan dengan peringatan Hari Bhayangkara ke-74, Rabu (1/7). Spirit dan motivasi serta etos kerja Polri menjadi simbol dibuatnya patung setinggi 9 meter tersebut. 

“Telah berdiri patung Kebo Iwa dengan megah dan berwibawa. Pendirian ini tidak terlepas dari historical sumpah palapa yang mampu mempersatukan nusantara,” ucap Kapolres Gianyar AKBP I Dewa Made Adnyana.

Kapolres menyampaikan, didirikannya patung tersebut mengandung sebuah spirit dan motivasi di kalangan Polri. “Itu mengandung maksud dalam rangka spirit dan motivasi dan etos kerja, dalam kami bekerja sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat,” ujarnya.

Diambilnya tokoh Gajah Mada dikarenakan historis Polri atau juga disebut Bhayangkara merupakan pasukan elit yang dibentuk dan dipimpin oleh Mahapatih Gajah Mada pada zaman kerajaan Majapahit. Ditugaskan untuk menjaga keamanan Raja dan kerajaan termasuk masyarakat Majapahi, agar mereka tidak berbuat sesuatu yang mengancam kejayaan pemerintahan kerajaan.

Diungkapkan juga Gajah Mada dikenal sebagai Patih yang tegas dan keras dalam menjalankan aturan hukum. Dengan prinsip bahwa hukum harus ditegakkan, siapapun yang melanggar harus menerima akibatnya meskipun temannya sendiri. Dalam menjalankan tugasnya Pasukan Gajah Mada memegang teguh empat nilai kebhayangkaraan yang disebut Catur Prasetya. Terdiri atas setia kepada pemimpin negara, mengenyahkan musuh-musuh negara, mempertahakan negara, dan sepenuh hati dalam bertugas.

Patung tersebut hasil karya I Gede Sarantika seorang pemahat patung asal Desa Mas, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar. Ia mengaku bentuk dan ukurannya merupakan inspirasi langsung dari Kapolres Gianyar, sehingga terwujudnya patung Gajah Mada yang telah diresmikan tersebut. gus/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER