Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Ringankan Beban Warga Desa Jungutan, GMT Bagikan 2.458 Paket Sembako

  • 29 Juni 2020
  • 18:15 WITA
  • Karangasem
  • Dibaca: 1189 Pengunjung
suaradewata

Karangasem, suaradewata.com - Bantuan sembako terus disalurkan oleh Semeton GMT untuk membantu meringankan beban ekonomi masyarakat Karangasem ditengah Pandemi Covid-19 yang masih terjadi hingga saat ini. Minggu (28/6/2020) Penanggungjawab GMT, I Gusti Made Tusan bahkan turun langsung membagikan sebanyak 2.458 paket sembako untuk warga di 12 Banjar Dinas di Desa Jungutan, Kecamatan Bebandem, Karangasem.

Penyerahan bantuan dilakukan secara simbolis oleh I Gusti Made Tusan, di Jaba Pura Puseh, Desa Adat Abiantiying, Banjar Abiantiying Kaja, Desa Jungutan, dan diterima oleh masing-masing Kawil dari 12 Banjar Dinas dan disaksikan langsung oleh Perbekel Desa Jungutan, I Wayan Wastika. 

Sementara hadir dalam penyerahan bantuan tersebut mantan Wakil Bupati Karangasem, I Made Sukerana, serta sejumlah tokoh masyarakat dan anggota DPRD Karangasem dari Dapil Bebandem, diantaranya, Wakil Ketua I DPRD Karangasem, I Nengah Sumardi dari Fraksi Golkar, Wakil Ketua III DPRD Karangasem, I  Wayan Parka dari Fraksi Gerindra, I Wayan Suparta, dari Fraksi Demokrat, I Made Juita dari Fraksi Nasdem, Ketua Fraksi Nasdem DPRD Karangasem, I Gusti Ngurah Gede Subagiartha (Gus Ode), dan anggota DPRD Provinsi Bali dari Fraksi Golkar, Ni Komang Yuli Artini. 

Penanggungjawab GMT, I Gusti Made Tusan, Senin (29/6/2020) menyampaikan jika saat ini sudah ada sejumlah usulan atau permohonan bantuan yang masuk ke Sekretariat GMT. “Begitu ada usulan yang masuk, langsung kita proses dan begitu siap akan segera disalurkan kepada masyarakat sesuai dengan usulan,” tegas pengusaha kontruksi yang juga suami dari Bupati Karangasem, IGA Mas Sumatri ini. 

Terkait dengan penyaluran bantuan, diakuinya memang masih ada beberapa desa dan banjar belum tersaluri bantuan sembako. Pihaknya menyampaikan jika selama ada usulan dari Perbekel, Klian Dadia atau Klian Banjar, GMT akan memeroses usulan itu dengan cepat sehingga bantuan bisa segera dibagikan kepada masyarakat yang sangat membutuhkan. Dan untuk penyerahan bantuan di Desa Jungutan, Bebandem, begitu selesai penyerahan sudah langsung dibagikan oleh masing-masing Kawil kepada masyarkat yang membuthkan.

 Perbekel Desa  Jungutan, I Wayan Wastika menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada keluarga besar GMT yang langsung merespon bantuan yang diusulkannya. “Begitu saya sampaikan permohonan bantuan, tanpa basa-basi langsung direspon dan besoknya bantuan langsung disalurkan sendiri oleh Bapak I Gusti Made Tusan. Sekali lagi saya atas nama pribadi dan warga Desa Jungutan menyampaikan terimakasih kepada keluarga besar GMT, semoga apa yang dicitakan bisa terwujud,” ucap Wayan Wastika. 

Diakuinya sejak merebaknya wabah Covid-19, banyak warganya yang bekerja di Denpasar terkena PHK dan terpaksa harus pulang kampung. Hampir 40 persen warganya memang merantau dan ada yang bekerja di Denpasar atau menjadi PMI. “Saat ini yang bisa dilakukan warga kami hanya mengolah kebun dan hingga menunggu masa panen warga butuh bahan pangan untuk hidup sehari-hari. Bantuan dari GMT ini sangat berarti bagi masyarakat kami, paling tidak untuk stok pangan hingga beberapa hari kedepan,” kata Wastika. Disadari atau tidak, saat ini perekonomian warga di desanya nyaris lumpuh, terlebih dengan adanya penularan Covid-19 melalui klaster pasar tradisional, semakin membuat warganya was-was ketika akan memasarkan hasil kebun mereka.nov/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER