Bahas RDTR Abiansemal, Puskesmas Akan Menjadi Rumah Sakit, Lapangan Surem Akan  Menjadi Taman Kota

  • 29 Juni 2020
  • 13:25 WITA
  • Badung
  • Dibaca: 2135 Pengunjung
suaradewata

Badung, suaradewata.com - Panitia Khusus (Pansus) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Badung bahas Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Kecamatan Abiansemal di ruang rapat Gosana II (Lantai II) Gedung DPRD Puspem Badung, Senin, (29/06/2020). Dalam pembahasan tersebut, terungkap adanya rencana Puskesmas Abiansemal I akan ditingkatkan menjadi Rumah Sakit (RS) dan Lapangan Umum Kopral I Wayan Surem Blahkiuh akan disulap menjadi Taman Kota Kecamatan Abiansemal. 

Baca : https://www.suaradewata.com/read/202006260009/terkait-ranperda-rdtr-kecamatan-mengwi-dewan-masih-mengumpulkan-masukan.html

Ketua Pansus RDTR Abiansemal, I Putu Alit Yandinata mengatakan dengan situasi dan kondisi, tentu ada beberapa hal yang harus dirasionalisasi, salah satunya dirasionalisasi tentang anggaran pansus RDTR, baik eksekutif maupun legislatif. Tetapi kami tidak akan mengurangi kesurutan kami untuk pembahasan ini. Lantaran ini adalah bagian dari kebutuhan masyarakat yang notabenenya adalah bagian dari regulasi.

"Regulasi yang dimaksud adalah zona zona mana yang terkait dengan tata ruang yang ada di kecamatan Abiansemal," ucap Alit Yandinata, Senin, (29/06/2020). 

Kata Alit, tentu di pansus ini menginginkan yang terbaik apa yang bisa dilakukan oleh masyarakat dan tentu di dewan ada beberapa aspirasi yang harus di akomodir dan dimasukan di RDTR Abiansemal ini. Apakah atraksi wisatanya karena di Abiansemal atraksi wisata sudah mulai bergeliat, kemudian beberapa yang harus  kita amankan untuk jalur hijaunya, lahan basahnya, barang dan jasanya serta lain sebagainya.

"Termasuk yang terpenting adalah taman kota, taman kota yang terkonsentrasi di Blahkiuh, jadi disana nanti akan ada rumah sakit, disana kedepan kita akan rancang fasilitas umumnya, tentu kalau taman kotanya kita manfaatkan lapangan yang saat ini ada lapangan surem itu berarti konsekuensi logis atas itu harus kita memberikan rancangan dimana lapangan itu geser," katanya.

Sehingga menjadi terintegrasi, paling tidak di taman kota ada rumah sakitnya. Artinya jika ada tingkat kejenuhan di Rumah Sakit nantinya, berarti bisa refreshing di taman kota itu sendiri. Untuk faktor keamanan sudah berdekatan dengan Polsek Abiansemal. Kemudian untuk lapangan umumnya nanti direncanakan akan berada  di timur dekat Polsek Abiansemal. 

"Walaupun kita tidak sesegera mungkin untuk membangun itu paling tidak kedepan ada gambaran rancangan dimana kita membangun apa dan oleh siapa, itu yang terpenting, kemudian kita mencari tahu mana aset Provinsi mana aset Pemkab, ini harus jelas, dengan kejelasan ini baru kita bisa rancang sesuatu yang terbaik untuk kebutuhan masyarakat," ujarnya. 

Terkait rencana Rumah Sakit di Kecamatan Abiansemal, Puskesmas Abiansemal I akan ditingkatkan menjadi Rumah Sakit. Artinya rumah sakit di Badung itu Mangusada ada, kemudian di Abiansemal itu rumah sakit Badung tipe apa, apakah tipe C misalnya.

"Jadi dari puskemas ditingkatkan naik dia menjadi rumah sakit, cuma tidak bisa dia Badan Layanan Umum (BLU) harus ada peningkatan peningkatan," terangnya.ang/utm


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER