Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Transmisi Lokal, Satu Orang Staf Sekretariat DPRD Buleleng Positif Covid-19

  • 17 Juni 2020
  • 20:25 WITA
  • Buleleng
  • Dibaca: 1274 Pengunjung
istimewa

Buleleng, suaradewata.com - Satu orang staf di lingkup Sekretariat DPRD Buleleng terkonfirmasi positif Covid-19. Pasien yang diberikan kode 105 diduga tertular virus Corona dari salah satu kelompok ahli Gubernur yang juga tim ahli DPRD Buleleng yang sebelumnya sempat dinyatakan positif Covid-19 dan dirawat di Denpasar.

Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Buleleng yang juga Sekda Buleleng, Gede Suyasa mengatakan, PDP 105 dinyatakan positif Covid-19 dari hasil swab test, dilakukan Senin (15/6/2020) bersama 2 anggota dewan termasuk Ketua DPRD Buleleng dan 8 orang staf. "Dari hasil swab satu dinyatakan positif. Sekarang diisolasi di RS Pratama Giri Emas," kata Suyasa, Rabu (17/6/2020) siang.

Selain PDP 105 yang merupakan salah satu staf di DPRD Buleleng, tim gugus tugas juga mencatat, ada 3 orang pasien lagi yang terkonfirmasi positif Covid-19. Mereka adalah PDP 102 asal Kecamatan Seririt, PDP 103 asal Kecamatan Buleleng dan PDP 104 asal Kecamatan Seririt.

PDP 102 dan PDP 104 diduga tertular virus Corona karena sempat melakukan kontak dengan PDP 80 yang masih keluarganya dan sudah sembuh. Untuk PDP 103 diduga tertular karena sempat melakukan kontak dengan kerabatnya yang merupakan PDP 100.

Penambahan kasus saat ini, dijelaskan Suyasa, akibat transmisi lokal. Untuk itu Suyasa meminta agar masyarakat tetap meningkatkan disiplin. Meski terdapat tambahan 4 pasien positif, juga terdapat satu pasien dinyatakan sembuh dengan kode PDP 46 dari Desa Bondalem, yang sebelumnya dirujuk ke Denpasar selama lebih dari 14 hari. "Hasil test swab yang ketujuh dinyatakan negatif, sehingga kini diperbolehkan pulang karena sudah sembuh," ungkap Suyasa.

Sejauh in, tim medis telah berupaya maksimal untuk menyelesaikan kasus Covid-19 di Buleleng sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP). "Ini terbukti tingkat kesembuhan pasien Covid-19 di Buleleng capai 90 persen. Kerja tim medis di Buleleng sudah sangat baik," tandas Suyasa.

Perkembangan penanganan kasus Covid-19 di Buleleng, saat ini terdapat PDP di Buleleng secara kumulatif berjumlah 87 orang, PDP terkonfirmasi sembuh sebanyak 77 orang. PDP yang terkonfirmasi dalam perawatan ada 10 orang yakni, 9 orang dirawat di Buleleng dan 1 orang dirujuk ke Denpasar.

Selanjutnya Orang Dalam Pemantauan (ODP) secara kumulatif berjumlah 118 orang, ODP masih dipantau ada 1 orang. Untuk Orang Tanpa Gejala (OTG) secara kumulatif berjumlah 1.706 orang, OTG selesai masa pantau 1.367 orang, OTG masih karantina mandiri ada 266 orang, OTG terkonfirmasi ada 73 orang. rik/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER