Wakapolres Badung Pimpin Gelar Apel Kesiapan Penanggulangan Bencana Alam

  • 05 Juni 2020
  • 18:40 WITA
  • Badung
  • Dibaca: 1584 Pengunjung
istimewa

Badung, suaradewata.com - Wakil Kepala Kepolisian Resor Badung Kompol Ni Putu Utariani, SH memimpin apel kesiapsiagaan perlengkapan sarana dan prasana terkait Penanggulangan Bencana Alam di wilayah kabupaten Badung yang dilaksanakan di sebagai lapangan Parkir Mengwi, Badung, Bali. Jumat, (05/06/2020).

Apel kesiapsiagaan bencana ini, dalam rangka meningkatkan kesiapsiagaan personil, dan perlengkapan sarana prasarana semua pihak dalam menghadapi ancaman bencana hidrometeorologi di kabupaten Badung seperti hujan lebat dan angin kencang yang dapat mengakibatkan bencana alam seperti tanah longsor, gempa dan banjir di beberapa wilayah Pulau Dewata Bali.

Kompol Putu Utariani mengungkapkan, bahwa tujuan dari apel gelar ini untuk meningkatkan koordinasi semua pihak dan para stakeholder dalam menghadapi ancaman bencana alam di musim hujan ini. 

"Semoga tetap diberikan kesehatan sehingga dapat hadir kembali di lapangan Iptu S. Soetarjo Satbrimob Polda Bali untuk melaksanakan apel dalam rangka antisipasi bencana alam dan kesiapan penanggulangan bencana alam di wilayah hukum Polda Bali," ucap Kompol Utariani seijin Kapolres Badung AKBP Roby Septiadi, SIK.

Selanjutkan kata Perwira Menengah asal Mengwi, Badung ini menghadapi musim penghujan ini perlu ditingkatkan kewaspadaannya selain waspada terhadap penyebaran virus corona COVID -19.

"Kita harus paham dalam menghadapi setiap ancaman, baik ancaman karena bencana alam maupun non alam seperti COVID -19", tuturnya.

Menurutnya akibat hujan terus - menerus kondisi tanah akan menjadi labil dan itu bisa terjadi dimana saja tidak harus di daerah pegunungan (Petang), bahkan beberapa hari yang lalu terjadi di jembatan Sading Banjar Tegehe, Sading, Mengwi Badung.

"Untuk antisipasi terjadi bencana tersebut diperlukan kesiapsiagaan semua pihak baik pemerintah, swasta, relawan, maupun masyarakat dalam upaya pengurangan risiko bencana." Terangnya.

"Kita semua harus tanggap terhadap ancaman bencana, bukan hanya saat terjadi tanggap darurat bencana, tetapi juga pada pra bencana dan pascabencana," ujarnya. 

Ini adalah upaya pengurangan risiko bencana yang menuntut adanya kesiapsiagaan semua pihak. Oleh karenanya, melalui apel ini juga kami menghimbau untuk dapat mengoptimalkan upaya pencegahan dan resiko bencana.

"Semoga dengan kegiatan apel kesiapsiagaan menghadapi bencana ini dapat menyadarkan semua komponen masyarakat untuk selalu menjaga," ucapnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut yakni Pejabat Utama Polres Badung, Pabung Kodim 1611 Badung Mayor Inf I Putu Sukadana, Kasubbaghumas Bagops Iptu I Ketut Gede Oka Bawa, S.H, Kasubbagbinops Bagops Iptu I Ketut Wena, Kasubbagdalops Bagops Iptu I Nyoman Susila, S.H, Personel Koramil 1611-04 Mengwi, 80 Personel Polres Badung, 6 personel BPBD, 6 personel Damkar, 6 personel Dishub, 6 personel SAR, 4 personel PUPR,  6 Personel Dinas Kesehatan dan 5 Personel BMKG Kab. Badung.

Kegiatan ditutup dengan pemeriksaan perlengkapan sarana prasana penanggulangan bencana alam.ang/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER