Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

BKAD Abiansemal Serahkan Bansos Secara Simbolis di Kantor Camat

  • 05 Juni 2020
  • 09:50 WITA
  • Badung
  • Dibaca: 1406 Pengunjung
suaradewata

Badung, suaradewata.com - Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) Kecamatan Abiansemal serahkan Bantuan Sosial (Bansos) kepada kelompok masyarakat yang miskin secara simbolis di Kantor Camat Abiansemal, Kamis, (04/06/2020). 

Ketua BKAD Kecamatan Abiansemal, I Made Giarta mengatakan kegiatan hari ini merupakan kegiatan penyerahan bansos kepada kelompok masyarakat yang miskin dan sumber dananya dari Sisa Hasil Usaha (SHU) dana Amanah Pemberdayaan Masyarakat (APM) di Kecamatan Abiansemal tahun 2019. Dari SHU itu, kita sisihkan 15 persen dengan nominal 41 juta dan diarahkan untuk para orang-orang miskin  dengan kelompok-kelompok yang ada di Desa. 

"Karena dia itu mengakses dana ini juga untuk simpan pinjam khususnya kelompok kelompok perempuan, dan ini memang kita himpun dari tahun 2004 sampai sekarang, setiap tahun kita berikan kepada kelompok kelompok dari SHU," ucap Made Giarta di Kantor Camat Abiansemal, Kamis, (04/06/2020). 

Ia menerangkan, setiap tahunnya kita sisihkan 15 persen dan diberikan kepada kelompok-kelompok yang miskin yang meminjam dana di APM yang mengakses dana tersebut. Dan menyisihkan keuntungannya 15 persen kepada mereka untuk menunjang, bahwa saat ini kejadian Covid-19 dapat bermanfaat bagi mereka.

"Jadi sebanyak 351 orang mendapatkan bansos, dan setiap orangvmendapatkan bingkisan seharga 100 ribu rupiah, isinya 5 Kg beras, kemudian teh, kemudian minyak goreng dan tas pembungkus, dan setiap kelompok kelompok yang mengakses dana ini yang mendapatkannya," terangnya. 

Ketua Unit Pengelola Kegiatan (UPK) BKAD Abiansemal, Ni Luh Putu Sui Antari mengatakan untuk bansos ini sebenernya bersumber dari penyisihan SHU tiap tahun. Kebetulan tahun ini karena ada Covid-19 kita jadwalnya maju, yang biasanya dibulan Oktober atau November, untuk tahun ini kita mengikuti arahan Pemerintah juga. Dan akhirnya oada bulan Juni kita putuskan  untuk menyerahkan bantuan ini.

"Ini setiap tahun ini ada, Itu setiap tahun dari penyisihan SHU sebesar 15 persen, dan tahun ini hanya bisa menyisihkan 100 ribu per paket per orang ini pun menyesuaikan dengan SHU tersebut," ungkap Luh Antari.

"Karena kami mempunyai kelompok 351 orang pemanfaatannya itu kemudian dana yang ada tersedia 41 juta, itu pun harus ada operasionalnya seperti sekarang kami, itu dibagi sehingga diputuskanlah cukup untuk kelompok itu 100 ribu per paket," imbuhnya.

Luh Antari berharap, karena mereka juga terdampak Covid-19, diharapkan ini dapat membantu mereka dalam menyambung hidupnya mereka, apalagi saat ini serba sulit sekarang. Kata ia, mereka cukup terdampak juga karena pekerjaan mereka ada yang hilang maupun di Putus Hubungan Kerja (PHK). Bahkan ada juga yang berjualan berdampak omsetnya menurun.

"Sehingga dengan ada bantuan sedikit kiranya ada perhatian dari kita, kepada yang terdampak Covid-19," pungkasnya.

Sementara, Camat Abiansemal, Ida Bagus Putu Mas Arimbawa mengatakan pihaknya dari Pemerintah Kecamatan memberikan apresiasi terhadap acara tersebut. Bahwa donasi yang diberikan kepada kelompok itu arahnya untuk berpartisipasi dalam penanganan Covid-19 di Kabupaten Badung.

"Sehingga bantuan ini ada 351 paket ini kami yakin ini tepat arah dan tepat sasaran karena memang mengarah kepada kelompok yang mengakses yang selama ini yang bekerjasama dan memang kelompok yang harus diberdayakan," ujar Ida Bagus Mas Arimbawa.

Redaksi berdaya itu, kata ia, memiliki makna dari yang tidak bergerak menjadi bergerak, dari yang akan maju menjadi maju dan dari yang maju akan meningkatkan kualitasnya. Dirinya pun menegaskan bahwa acara ini mungkin secara volume acara kecil tetapi memiliki makna yang besar.

"Kita ambil pemaknaan, semua bergerak untuk hal yang bagus mewujudkan penangan Covid-19 yang terpadu, Jadi kami apresiasi terhadap pelaku pelaku kegiatan pada hari ini dan sekiranya perlu dilanjutkan pada segmen segmen yang lain," bebernya.ang/utm


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER