Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Kabar Gembira dari Buleleng, 2 Pasien Positif Dinyatakan Sembuh

  • 03 Juni 2020
  • 18:35 WITA
  • Buleleng
  • Dibaca: 1170 Pengunjung
istimewa

Buleleng, suaradewata.com - Sebanyak dua odang pasien yakni PDP 70 dan PDP 77 yang sebelumnya terkonfirmasi positif terpapar virus Corona, dinyatakan sembuh. Mereka yang kini dinyatakan sembuh ini adalah sama-sama warga Desa Bondalem, Kecamatan Tejakula. Saat ini mereka diperbolehkan pulang ke rumahnya masing-masing setelah menjalani perawatan di RS Pratama Giri Emas.

Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Buleleng, Gede Suyasa mengatakan, PDP 70 dirawat di RS Pratama Giri Emas selama 9 hari dan menjalani test swab sebanyak 6 kali. Untuk PDP 78 dirawat di rumah sakit selama 5 hari dan menjalani test swab sebanyak 4 kali.

"Saat ini total ada 58 orang pasien yang sudah dinyatakan sembuh di Buleleng. Penambahan ini setelah hari ini ada dua orang pasien sembuh. Untuk yang masih dalam perawatan sebanyak 13 orang," ujar Suyasa, Rabu (3/6/2020) siang.

Disisi lain tim gugus tugas, juga sudah melakukan pelacakan terhadap orang-orang yang sempat melakukan kontak dengan PDP 80 yang merupakan sopir barang Jawa-Bali, asal Kecamatan Seririt. Alhasil, ditemukan ada 36 orang sempat melakukan kontak dengan PDP 80 yang dinyatakan positif Covid-19.

Mereka semua, sebut Suyasa, sudah menjalani rapid test. Hasilnya, dua orang dinyatakan reaktif. "Dua orang yang reaktif hasil rapid test-nya merupakan tetangga PDP 80. Mereka digolongkan sebagai Orang Tanpa Gejala dan sudah dikarantina untuk dilakukan test swab," kata Suyasa.

Sedangkan, PDP 82, warga asal Desa Bukti, Kecamatan Kubutambahan yang sebelumnya dicurigai terpapar Covid-19 karena hasil rapid test-nya reaktif, kini tidak lagi dikarantina karena hasil test swab pertama dan kedua dinyatakan negatif Covid-19. Meski kesembuhan pasien positif di Buleleng yang terus meningkat, masih ada satu pasien yang kini terhitung dirawat selama 32 hari.

Pasien itu adalah PDP 41 asal desa Bondalem. "PDP 41 di isolasi sejak 2 Mei. Sudah 16 kali ditest swab, hasil ke 14 negatif. Saat test swab ke 15 dan 16 kembali positif. Tim medis masih akan konsultasi ke Provinsi, apakah dirujuk ke Denpasar atau dilakukan tambahan treatment agar membantu proses kesembuhannya," tandas Suyasa.

Sementara itu perkembangan kasus Covid-19 di Buleleng, kini terdapat Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Buleleng secara kumulatif berjumlah 83 orang, dengan rincian PDP negatif ada 11 orang, pasien dinyatakan sembuh 58 orang, pasien positif dirawat di Buleleng 10 orang, pasien positif yang dirujuk ke Denpasar 3 orang. Selain itu, ada PDP dirawat saat ini hanya 1 orang.

Untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP) secara kumulatif berjumlah 100 orang dan seluruhnya selesai masa pantau. Untuk Orang Tanpa Gejala (OTG) secara kumulatif berjumlah 1.268 orang, terdiri dari OTG masih karantina mandiri 147 orang, OTG karantina di RS Pratama Giri Emas ada 6 orang dan OTG dirujuk ke RS Sanglah ada 1 orang. rik/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER