Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Tanah Longsor Robohkan Tembok Pura, Rugi 150 Juta

  • 01 Juni 2020
  • 22:25 WITA
  • Badung
  • Dibaca: 1302 Pengunjung
istimewa

Badung, suaradewata.com - Derasnya hujan melanda Kabupaten Badung pada Minggu malam, (31/05/2020), akibatkan tanah longsor di Banjar Taman Desa Darmasaba, Kecamatan Abiansemal, Senin, (01/06/2020), sekitar pukul 05.00 wita. Akibat dari tanah longsor tersebut merobohkan penyengker tembok Pura Taman Suci sepanjang 12 meter.

Camat Abiansemal, Ida Bagus Putu Mas Arimbawa saat dikonfirmasi mengatakan robohnya penyengker Pura Taman Suci tersebut karena tertimpa tanah longsor yang disebabkan derasnya hujan pada Minggu malam, (31/05/2020), yang mengakibatkan ambruk seluas 12 meter. 

"Tanah itu longsor disebabkan karena hujan deras dan angin kencang, Sehingga menimpa penyengker tembok Pura," ucap Ida Bagus Mas Arimbawa, Senin, (01/06/2020).

Ia menerangkan, akibat dari tanah longsor tersebut, membuat got saluran air pembuangan dari rumah warga yang berada disebelah Pura tertutup. Dan atas kejadian tersebut, tidak ada korban jiwa, diperkirakan kerugian mencapai 150 juta rupiah.

"Untuk tindak lanjut kejadian yang terjadi bahwa pemerintah desa dalam artian desa adat dan pemilik rumah disebelah Pura disarankan mengajukan Proposal ke Pemkab Badung, dan pelaporannya dijadikan satu pelaporan kejadian satu, kemudian untuk proposal dipisah karena status kepemilikan berbeda milik pribadi perumahan atau dan milik pengempon pura satu," ujarnya.

Dalam koordinasi pihaknya dengan BPBD Badung sudah berjalan bagus dan cepat tanggap dalam menangani bencana yang terjadi. Dalam waktu cepat masyarakat dan pengempon pura bergotong royong untuk membersihkan reruntuhan yang menimpa pelantaran Pura.

"Terima kasih kepada BPBD dengan secepatnya hadir dengan sigap," ucapnya.ang/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER