Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Kadiskes Badung Himbau untuk Disiplin Taati Protokol Kesehatan

  • 01 Juni 2020
  • 20:20 WITA
  • Badung
  • Dibaca: 1295 Pengunjung
istimewa

Badung,suaradewata.com - Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Kabupaten Badung, dr. Nyoman Gunarta menghimbau kepada masyarakat agar disiplin menaati protokol kesehatan. Himbaun itu langsung disampaikan kepada masyarakat lantaran saat ini transmisi lokal semakin meningkat.

Dr. Gunarta menerangkan bahwa transmisi lokal saat ini semakin meningkat, artinya karena ini penyakit yang ditularkan oleh droplet, berarti kita belum disiplin melaksanakan himbauan Pemerintah terkait dengan protokol kesehatan Covid-19. Yaitu disiplin menjaga jarak, bila kita berkomunikasi harus dengan jarak 1,5 meter, selalu pakai masker bila keluar rumah dan selalu mencuci tangan di air mengalir dengan sabun.

"Jadi, usahakan tetap diam dirumah apabila tidak ada keperluan yang mendesak untuk mengurangi kemungkinan terpapar resiko," ucap dr. Gunarta, Senin, (01/06/2020).

Saat ditanya, terkait informasi warga di Desa Werdhi Buwana Kecamatan Mengwi yang meninggal dunia dikabarkan karena disebabkan Covid-19? Ia menjawab, untuk warga di Desa Werdhi Buwana, ia tidak bisa memberikan keterangan terkait penyebab kematian tersebut. Namun, membenarkan bahwa warga itu memang positif Covid-19 dengan riwayat penyakit jantung dan DM (Diabetes Melitus)/kencing manis. Dan kini, warga yang meninggal dunia tersebut sudah dikubur, Senin pagi, (01/06/2020). 

"Bukan, artinya kalau penyebab kematian itu mungkin teman teman di Rumah Sakit Bali Mandara yang tahu karena dirawat disana, biasanya dokter yang merawat yang tahu," jawabnya.

Dr. Gunarta pun membenarkan bahwa yang bersangkutan seorang laki-laki penderita Covid-19 yang diketahui berumur 57 tahun. Dan untuk penyebab kematiannya, biasanya dokter yang merawat yang tahu penyebabnya.

"Memang benar dia seorang penderita Covid-19, tapi apakah itu penyebab kematiannya, kita kan ndak tahu, hanya dokter yang merawat yang tahu," ujarnya.ang/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER