Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Mantan Bupati Klungkung dr. Tjokorda Gde Agung Berpulang, Berpesan Teruskan Perjuangan Leluhur

  • 31 Mei 2020
  • 21:25 WITA
  • Klungkung
  • Dibaca: 1281 Pengunjung
istimewa

Klungkung,suaradewata.com- Kabupaten Klungkung kehilangan salah satu putra terbaiknya, dr. Tjokorda Gde Agung yang merupakan Bupati Klungkung periode 1983-1993. Tjokorda Gde Agung meninggal dunia pada Sabtu, 30 Mei 2020 sekitar Pukul 06.00 Wita di Puri Agung Klungkung. Menurut informasi Raja Klungkung, Ida Dalem Semara Putra bahwa almarhum akan di Pelebon dan sampai saat ini masih menunggu hari baik tiga sampai empat bulan kedepan.

Ida Dalem Semara Putra saat ditemui di Puri Agung Klungkung menyebutkan jenazah almarhum akan disemayamkan di Puri Agung Klungkung, hal itu merujuk pada kondisi alam yang belum menunjukan gejala pulih dari pandemi Covid-19. "Almarhum sebelum meninggal dunia, sempat menjalani perawatan intensif akibat penyakit stroke yang dialaminya, bahkan sudah 5 tahun almarhum tidak bisa berkomunikasi," kata Ida Dalem Semara Putra.

Atas kondisi ini, Almarhum yang sempat berprofesi sebagai Dokter Spesialis Laboratotium ini meninggalkan seorang istri, Pratiwi Hindarti dan empat orang anak (3 laki-laki, dr Tjokorda Indra Putra, Tjokorda Made, Tjokorda Bayu Putra dan 1 anak perempuan, Tjokorda Istri, red).

"Sebelum beliau meninggal dunia atau masih dalam kondisi sehat, almarhum sempat berpesan agar perjuangan leluhur terus bisa dilanjutkan," tambah Ida Dalem Semara Putra seraya menjelaskan saat menjabat sebagai Bupati Klungkung, Alm. dr. Tjokorda Gde Agung, Spkk telah sukses menjadikan Kota Klungkung sebagai Ibu Kota Semarapura dan mewarisi bangunan monumental, yakni Monumen Puputan Klungkung (pembuatan patung Ida Dalem Jambe, red).

Terkait dengan adanya kunjungan masyarakat ke Puri Agung Klungkung untuk kegiatan melayat, sampai saat ini Ida Dalem Semara Putra menegaskan kegiatan melayat dibatasi, karena situasi Covid-19.

Sementata itu, Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta menyampaikan bela sungkawa dan turut berduka cita atas berpulangnya salah satu putra terbaik Klungkung. Bupati juga memanjatkan doa disamping jenazah almarhum. “Kami turut beduka cita atas meninggalnya salah satu putra terbaik Klungkung. Semoga beliau mendapat tempat terbaik disisinya,” ujar Bupati.awp/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER