Ny Ayu Wardani Sutjidra : Jaga Daya Tahan Tubuh Melalui Asupan Bergizi dan Olahraga

  • 30 Mei 2020
  • 11:20 WITA
  • Denpasar
  • Dibaca: 1565 Pengunjung
suaradewata

Denpasar, suaradewata.com - PHBS memiliki peran penting dalam mencegah penularan Covid-19 di Bali. Salah satu poin PHBS yang perlu kita terapkan adalah dengan cara mencuci tangan, mengingat disana merupakan sarang bakteri dan virus ini harus dimusnahkan dengan sabun di air mengalir.

“Sementara cairan antiseptik digunakan dalam perjalanan jika kita tidak menemukan air mengalir,” jelas Plt Ketua TP PKK Kabupaten Buleleng, Ny Ayu Wardani Sutjidra saat mendampingi Ketua TP PKK Provinsi Bali, Ny Putri Suastini Koster menjadi narasumber pada acara 'Perempuan Bali Bicara' yang ditayangkan oleh Stasiun Bali TV di Denpasar, Jumat (29/5).

Dia juga menekankan perbedaan antiseptic dan disenfektan. Menurutnya, disenfektan tidak baik untuk manusia karena bersifat korosif dan kandungannya yang bisa membahayakan bagi orang-orang yang alergi. “Maka dari itu, hindari penyemprotan disinfektan kepada manusia. Cukup cuci tangan dengan sabun di air mengalir atau semprotkan antiseptic jika dalam perjalanan dan tidak menemukan air mengalir,” bebernya.

Selain perilaku hidup bersih dengan mencuci tangan, hal terpenting lainnya yaitu menjaga daya tahan tubuh dengan asupan bergizi dan olahraga. “Tidak perlu olahraga yang berat, apalagi untuk para orang tua kita yang rentan terhadap virus ini, cukup peregangan atau atur nafas saja, itu sangat baik untuk imun kita,” imbuh Ny Ayu Wardani Sutjidra yang merupakan sebagai salah satu tenaga kesehatan seraya menekankan dalam pandemi ini kita harus memahami bahayanya merokok, karena rokok membayakan paru-paru dan virus ini juga menyerang sistem pernafasan manusia.

Mendengar informasi kesehatan tersebut, Ny Putri Koster diakhir acara menegaskan jika PHBS ini nanti akan menjadi gaya hidup kita ke depan. Sehingga, disiplin melatih anggota keluarga dalam penerapannya sejak dini merupakan tugas kita bersama. Menurutnya juga, virus berbahaya tidak hanya Covid-19 saja, dari dulu warga sudah hidup dengan berbagai macam virus dan bakteri. Ke depan kemungkinan virus dan penyakit baru juga akan ada. “Jadi, mulailah PHBS sejak dini dari rumah tangga terlebih dahulu,” tandasnya.awp/utm


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER