Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Transmisi Lokal di Buleleng, 3 Anggota Polsek Sukasada Positif Covid-19

  • 25 Mei 2020
  • 19:20 WITA
  • Buleleng
  • Dibaca: 3812 Pengunjung
istimewa

Buleleng, suaradewata.com - Tiga pasien dari 4 orang tambahan pasien yang hasil test swab-nya terkonfirmasi positif Covid-19 di Buleleng merupakan anggota Polsek Sukasada. Tiga pasien positif yang merupakan anggota Polsek Sukasada yakni PDP 62 asal Kecamatan Sukasada, PDP 63 asal Kecamatan Banjar dan PDP 64 asal Kecamatan Buleleng.

Selain tiga anggota Polsek Sukasada yang dinyatakan positif terpapar virus Corona, masih ada satu pasien positif asal Kecamatan Tejakula yang bukan anggota kepolisian dengan kode PDP 65. Mereka semua (tambahan 4 pasien positif) tertular dari kasus transmisi lokal penyebaran virus Corona yang kembali terjadi di wilayah Kabupaten Buleleng.

Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Buleleng, Gede Suyasa mengatakan, keempat pasien positif tambahan ini merupakan hasil tracing yang sempat melakukan kontak dengan orang yang berpotensi terpapar Covid-19. "Mereka dilakukan rapid test, hasilnya reaktif. Setelah itu test swab. Pertama hasilnya elnegatif, setelah test swab kedua, terkonfirmasi positif," kata Suyasa.

Terhadap tiga pasien positif dari hasil test swab merupakan anggota di Polsek Sukasada, Suyasa yang juga menjabat Sekda Buleleng menegaskan, alamat tempat tinggalnya berada di kecamatan yang berbeda-beda. Sedangkan, PDP 65 adalah pasien asal Kecamatan Tejakula yang bukan anggota kepolisian.

Penanganan transmisi lokal penyebaran virus Corona, menurut Suyasa, bukanlah perkara mudah terutama saat petugas melakukan pelacakan. Pasalnya, harus menelusuri sumber, terlebih semua orang bisa punya peran meskipun tidak bergejala. Atas adanya penambahan 4 pasien positif terpapar virus Corona di Buleleng, Gugus Tugas telah melakukan tracing.

Hasilnya, tim surveillance menemukan 63 orang diduga sempat melakukan kontak dengan PDP 62, PDP 63, PDP 64 dan PDP 65. Dari 63 orang, sebanyak 49 sudah dirapid test dan hasilnya non reaktif. Sisanya sebanyak 14 orang akan dilakukan rapid test pada Selasa (26/5/2020). "Sampai saat ini tim masih belum memastikan sumber penyebaran darimana (transmisi lokal). Tapi akan terus dikejar, untuk diketahui sumber tertularnya darimana," tegas Suyasa.

Sementara Kapolres Buleleng, AKBP Made Sinar Subawa ketika dikonfirmasi masih enggan memberikan keterangan terkait dengan tiga anggota Polsek Sukasada yang positif Covid-19. Dirinya menyerahkan sepenuhnya kepada tim Gugus Tugas untuk proses penanganan. Namun upaya pencegahan penyebaran virus Corona di lingkup anggota polisi terus ditingkatkan.

"Karena ini berkaitan dengan Covid-19 (virus Corona), jadi saya hanya mengikuti statamen dari Gugus Tugas saja. Biar satu pintu saja. Karena ini merupakan kesepakatan kami dengan tim Gugus Tugas," tandas Sinar Subawa.

Hingga kini penanganan Covid-19 di Buleleng, terdapat PDP secara kumulatif ada 65 orang, rinciannya pasien positif dirawat di Buleleng 15 orang, dinyatakan sembuh 36 orang. Jumlah PDP negatif 9 orang, pasien positif tapi dirawat diluar Buleleng ada 6 orang dan 5 orang pasien positif dirujuk ke Denpasar.

Selanjutnya Orang Dalam Pemantauan (ODP) secara kumulatif berjumlah 100 orang dan seluruhnya selesai masa pantau. Untuk Orang Tanpa Gejala (OTG) secara kumulatif berjumlah 1.200 orang, dengan rincian selesai masa pantau 922 orang, karantina mandiri 274 orang dan karantina di RS Pratama Giri Emas ada 4 orang. rik/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER