Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Nyoman Parta Borong 3 Ton Ketela, Apresiasi Ketersediaan Pangan

  • 22 Mei 2020
  • 21:10 WITA
  • Gianyar
  • Dibaca: 1410 Pengunjung
suaradewata

Gianyar,suaradewata.com - Petani yang menjadi garda terdepan dalam penyediaan pangan di masa pandemi Covid - 19, jarang mendapatkan perhatian dan apresiasi. Di lain sisi tanpa petani, kelangsungan hidup tidak akan bertahan lama.

Untuk memotivasi petani supaya tetap bercocok tanam, anggota DPR RI, Nyoman Parta memborong ketela sebanyak 3 ton dari petani di wilayah Rendang dan Selat, Karangasem, Jumat (22/5/2020). Langkah Parta memborong ketela dari petani juga untuk memperkenalkan ketela sebagai bahan pengganti karbohidrat dari beras kepada generasi milineal. "Makan ketela tidak menjadikan kita miskin dan menderita. Tidak perlu gengsi," ujar anggota Komisi VI DPRD RI ini.

Lebih lanjut dikatakannya, ketela atau banyak yang menyebut ubi jalar merupakan salah satu pengganti karbohidrat yang baik untuk tubuh. Selain mengandung karbohidrat yang tinggi, juga mengandung berbagai antioksidan dan vitamin yang bermanfaat bagi kesehatan kita. "Karbohidrat dan serat sebagai energi ketela memiliki kandungan karbohidrat kompleks yang baik. Serat pada ubi jalar membantu pencernaan agar mudah mengolahnya," kata Parta.

Hal ini menjadikan ubi jalar sumber energi yang baik untuk tubuh. Selain itu,  ketela  dapat dijadikan pengganti nasi sehingga kita dapat kenyang lebih lama. Dalam 100 gram ketela  mengandung 27 gram karbohidrat.

"Jika dilihat dari kandungan gizi pada ketela  disimpulkan bahwa ubi jalar merupakan makanan yang mengandung karbohidrat sebagai  sumber energi bagi tubuh kita. Keunggulan ubi jalar dibandingkan nasi adalah kandungan serat yang tinggi yang sangat baik untu pencernaan," jelasnya.gus/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER