Terdampak Refocusing Anggaran, Revitalisasi Pasar Banyuasri Tetap Jalan

  • 19 Mei 2020
  • 19:20 WITA
  • Buleleng
  • Dibaca: 1547 Pengunjung
suaradewata

Buleleng, suaradewata.com - Adanya kebijakan refocusing anggaran Pemkab Buleleng untuk prioritas penanganan Covid-19 berdampak terhadap proyek revitalisasi pasar Banyuasri. Ini berbeda dengan proyek infrastruktur lainnya yang dibatalkan, namun pengerjaan proyek revitalisasi pasar Banyuasri masih tetap diteruskan kendati konsekuensi penyelesaian dijadwalkan ulang hingga April 2021.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Buleleng, Putu Adiptha Ekaputra mengatakan, alasan proyek revitalisasi pasar Banyuasri masih tetap diteruskan meskipun terdapat kebijakan refocusing, karena pasar Banyuasri ini nantinya merupakan objek penting untuk pemulihan perekonomian masyarakat Buleleng yang sebagian besar adalah petani.

"Pasar itu nantinya sebagai objek untuk pemulian ekonomi masyarakat Buleleng. Jadi nantinya ketika pasarnya nanti sudah selesai, bisa menyerap hasil-hasil pertanian dari Buleleng untuk dipasarkan di pasar tersebut," kata Adiptha, Selasa (19/5/2020) siang.

Terkait pengerjaannya, lanjut kata Adiptha, proyek revitalisasi Pasar Banyuasri awal mulanya dijadwalkan rampung Desember 2020. Namun akibat refocusing anggaran untuk prioritas penanganan Covid-19, anggarannya yang bersumber dari APBD Buleleng yang awalnya sebesar Rp56 miliar sebagian besar dikurangi.

Untuk menyiasati permasalahan itu, pihaknya kini menjadwalkan ulang pengerjaannya agar dapat dilanjutkan menggunakan anggaran perubahan 2020 dan APBD Buleleng 2021. Nilainya kata Adiptha tetap sesuai dengan dasar pagu anggaran sebesar Rp56 miliar seperti anggaran awal.

"Kalau dari pihak developer, juga sudah mendiskusikan terkait penjadwalan ulang ini. Dan antara pihak developer dengan kami dari Dinas PUTR sudah ada kata sepakat. Sehingga, untuk kajian teknis penjadwalan ulang ini juga sudah dikerjakan," jelas Adiptha.

Sementara untuk para pedagang Pasar Banyuasri, Adiptha mengaku, nanti akan memberikan sosialisasi kepada mereka melalui PD Pasar dan OPD terkait, agar nantinya mereka memahami alasan penjadwalan ulang proyek revitaliasai pasar Banyuasri ini. "Rencana minggu ini kami akan kumpul dengan PD Pasar dan dinas terkait untuk sosialisasi kepada masyarakat terkait rencana penjadwalan ulang ini," tandas Adiptha.rik/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER