Salurkan Bantuan, Aliansi Pemuda Hindu Bali Sasar Lansia

  • 18 Mei 2020
  • 15:20 WITA
  • Bangli
  • Dibaca: 1820 Pengunjung
istimewa

Bangli, suaradewata.com - Pandemi COVID-19 sudah menjadi salah satu momok menakutkan bagi manusia yang hidup di bumi sejak muncul pertama kali pada akhir tahun 2019 di Wuhan, China. Pandemi yang menyebar sangat cepat ini berhasil membuat banyak negara di berbagai belahan dunia keteteran dalam menanggulanginya. Kejadian tak terduga ini juga berhasil membuat Indonesia mengalihkan sebagian besar anggarannya untuk penanggulangan COVID-19. Mulai dari pemerintah pusat sampai desa pun bahu – membahu guna mencegah penyebaran virus.

Imbauan social distancing yang belakangan ini dirubah menjadi physical distancing pun terus digaungkan oleh pemerintah. Segala aktivitas berbasis dalam jaringan (online) pun menjadi solusi di tengah keterbatasan manusia dalam beraktivitas. Bali sebagai salah satu pusat industri pariwisata di Indonesia pun terkena dampak besar akibat mewabahnya COVID-19 ini. Terhitung sampai Minggu, 17 Mei 2020 kasus positif di Bali mencapai 348 orang. Tentu sebagai daerah yang mengandalkan pariwisata, kenyamanan dan rasa aman menjadi hal utama yang harus dimiliki oleh Bali. Namun, di tengah pandemi seperti ini nampaknya akan sulit untuk menciptakan rasa aman dan nyaman bagi wisatawan.

Dalam kondisi seperti ini, seluruh lapisan masyarakat ikut terkena dampaknya apalagi dalam sektor ekonomi. Tentu dalam kondisi seperti ini banyak masyarakat yang kehilangan pekerjaannya dan kesulitan dalam membiayai hidup sehari-hari. Dilatarbelakangi oleh hal tersebut, Aliansi Pemuda Hindu Bali turut membantu warga dengan menyalurkan bantuan berupa paket sembako. Bantuan 10 paket sembako disalurkan kepada 10 KK yang sangat membutuhkan di 5 banjar yang ada di Desa Peninjoan, Kecamatan Tembuku, Kabupaten Bangli pada Minggu, (17/05/2020).

Dalam penyerahannya, relawan yang terdiri dari Aliansi Pemuda Hindu Bali dibantu oleh PC KMHDI Bangli ini langsung ditemani oleh Kepala Dusun (Kadus) untuk menemui KK yang akan diberikan bantuan. Kali ini, sasarannya adalah kalangan lanjut usia (lansia) dan anak yatim piatu. Menurut Teddy Chrisprimanata Putra selaku perwakilan Aliansi Pemuda Hindu Bali, kegiatan ini merupakan lanjutan dari kegiatan yang sudah dilakukan pada hari-hari sebelumnya dan akan terus berlanjut untuk kedepannya.

“Kami mendapatkan banyak bantuan dari relawan yang kebetulan berdomisili di Desa Peninjoan ini dalam penyaluran bantuan. Selain itu kami juga mendapat bantuan dari kader-kader PC KMHDI Bangli dan kami harapkan sinergi ini akan terus berlanjut. Terkait kegiatan penyaluran bantuan ini sudah kami lakukan sejak awal bulan Mei, mulai dari Kabupaten Gianyar dan minggu ini di Kabupaten Bangli. Harapannya kegiatan ini akan terus berlanjut selama COVID-19 ini masih menjadi penghalang masyarakat dalam beraktivitas secara normal.” Pungkas Teddy di sela-sela penyerahan bantuan.

Hal senada juga disampaikan oleh Putu Nopi Karunia Sari selaku Ketua PC KMHDI Bangli. “Sebagai generasi muda kita mesti menunjukkan kepedulian kita kepada sesama, apalagi di tengah situasi yang tak menentu akibat pandemi COVID-19 ini. Walaupun belum bisa membantu secara materiil, setidaknya kita bisa membantu mengkoordinir para donatur yang tak sempat untuk menyampaikan bantuan langsung kepada masyarakat yang membutuhkan.” Tegas Nopi.

Kegiatan ini rencananya akan terus berlanjut di kabupaten lain yang ada di Provinsi Bali seperti Tabanan dan Jembrana.rls/utm


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER