Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

17 Mei 2020, Masa Karantina Wilayah Desa Bondalem Berakhir

  • 15 Mei 2020
  • 18:50 WITA
  • Buleleng
  • Dibaca: 1283 Pengunjung
Gede Suyasa

Buleleng, suaradewata.com - Pada 17 Mei 2020 nanti masa karantina wilayah Desa Bondalem, Kecamatan Tejakula, Buleleng, berakhir. Setelah itu barulah Bantuan Sosial Tunai (BST) dan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) di distribusikan jika sudah tidak ada lagi ditemukan penambahan kasus Covid-19 di Desa Bondalem melalui transmisi lokal.

Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Buleleng yang juga Sekda Buleleng, Gede Suyasa mengatakan, saat ini pendistribusian bantuan untuk warga Desa Bondalem yang tercatat dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) masih ditunda karena wilayah tersebut masih menjalani karantina.

Bantuan menurut Suyasa, baru akan disalurkan terhadap warga di desa tersebut sampai tidak ada penambahan kasus virus Corona. "Saya harap mereka disiplin, sehingga disisa beberapa hari ini mereka menyelesaikan karantina, agar bantuan segera tersalurkan," kata Suyasa.

Disisi lain, saat ini Pemkab Buleleng masih menunggu hasil test swab kedua sebanyak 187 orang Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang kini menjalani karantina di Denpasar. Test swab kedua ini dilakukan test swab yang pertama yang hasilnya negatif semua.

Jika hasil test swab kedua negatif, maka PMI tersebut boleh dipulangkan. "Saat ini kami tinggal menunggu hasil test swab kedua. Jika nanti hasilnya tidak ada PMI positif Covid-19, maka tidak ada lagi import case di Buleleng," jelas Suyasa.

Suyasa mengaku belum mengetahui, kapan kedatangan PMI akan berakhir. Hanya saja, tim GTPP Covid-19 Buleleng selalu siap menerima kedatangan PMI yang pulang. "Kami hanya menunggu saja kapan akan berakhir. Terpenting, kami tetap selalu memberikan perlakuan terbaik kepada mereka," tandas Suyasa.

Perkembangan penanganan Covid-19 di Buleleng, kini terdapat ada satu pasien positif covid-19 dinyatakan sembuh. Hingga kini secara kumulatif, jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Buleleng 53 orang, rinciannya PDP negatif 6 orang, pasien positif dirawat di Buleleng 18 orang, dirujuk ke Denpasar 5 orang, dan dinyatakan sembuh 23 orang. Pasien terkonfirmasi positif dirawat diluar Buleleng 8 orang.

Orang Dalam Pemantauan (ODP) secara kumulatif berjumlah 97 orang, terdiri dari ODP masih dipantau 2 orang, ODP yang selesai masa pantau 95 orang. Orang Tanpa Gejala (OTG) secara kumulatif berjumlah 819 orang, terdiri dari selesai masa pantau ada 547 orang, karantina mandiri 270 orang, OTG yang karantina hotel di Buleleng 1 orang, dan karantina hotel di Seririt 1 orang. rik/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER