Cok Ace : Pasca Covid, Pemprov Perhatikan Kebersihan, Kesehatan dan Keamanan Destinasi Pariwisata

  • 15 Mei 2020
  • 11:35 WITA
  • Denpasar
  • Dibaca: 1552 Pengunjung
suaradewata

Denpasar, suaradewata.com - Ditengah terpuruknya ekonomi Bali, Pemerintah bersama masyarakat Bali berhasil mengendalikan dan menangani penyebaran Covid19 dengan baik. "Fase peningkatan penyebaran sudah terlewati, saat ini Bali sudah memasuki fase landai dimana tingkat kesembuhan sudah mulai lebih banyak daripada yang terjangkit," lapor Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati saat melaksanakan Webinaran via video conference bersama Kepala Staf Kepresidenan RI Jendral TNI Purnawirawan Dr.H Moeldoko dan beberapa Pimpinan Daerah di Indonesia yang dimotori oleh Asosiasi Masyarakat Sadar Pariwisata (Masata) Bali guna membahas Reopening Pariwisata Indonesia, Kamis (14/5).

Guna membangun kembali wisata Bali, dan mengingat semenjak merebaknya pandemic Covid19, pertumbuhan ekonomi Bali saat ini minus 1,24% atau yang terburuk yang pernah dialami Bali, karena 70% PDRB Bali tergantung pada pariwisata. Maka dari itu, Cok Ace mengusulkan perlu memperhatikan trend pariwisata pasca Covid19. Semisal selama penyebaran wabah, masyarakat dikota-kota besar selama sekian bulan dipaksa oleh keadaan untuk melaksanakan work from home (WFH), belajar dari rumah dan pembatasan lainnya yang cenderung membuat jenuh dan perasaan tertekan, karena hanya berada dilingkungan rumah. Hal ini pun menimbulkan keinginan baru pada masyarakat dikota-kota besar untuk dekat dengan alam, tinggal di villa-villa pedesaan, berwisata alam, yang sudah barang tentu menjadi harapan bagi sektor pariwisata.

"Bali saat ini juga sedang menyusun protokol kesehatan pasca Covid-19 guna menuju pariwisata baru yang akan dituju, menyongsong rencana yang sebelumnya dalam kondisi tidak normal menjadi normal, dimasa yang akan datang, guna menyambut wisatawan dan reopening pariwisata Bali," tambahnya.

Kepada Kepala Staf Kepresidenan RI, Jendral TNI Purnawirawan Dr.H Moeldoko, Cok Ace mengatakan adapun 3 hal dasar yang yang menjadi perhatian Pemprov Bali dan prioritas pasca Covid yakni perhatian terhadap kebersihan, kesehatan dan keamanan. Hal ini diharapkan dapat diikuti daerah-daerah lain yang menjadi destinasi pariwisata, karena merupakan tuntutan dasar pasar sektor wisata.

Rencana lain yang disampaikan Wagub Cok Ace dalam upaya membangkitkan wisata Bali, yakni penerapan strategi sistem pembukaan lokasi wisata secara bertahap dengan sistem cluster, per slot atau perkawasan. Agar jangan sampai membuka Bali secara keseluruhan, dan menimbulkan masalah baru bagi Bali.awp/utm


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER