Hasil Swab Massal di Bondalem Hanya 1 Positif, Akhir Mei Karantina Berakhir

  • 11 Mei 2020
  • 19:15 WITA
  • Buleleng
  • Dibaca: 2053 Pengunjung
istimewa

Buleleng, suaradewata.com - Dari total 101 warga Desa Bondalem, Kecamatan Tejakula, Buleleng yang sebelumnya dilakukan test swab, hasilnya hanya ada 1 orang dinyatakan positif Covid-19 atau terpapar virus Corona, sedangkan 100 orang lainnya hasilnya negatif. Satu orang yang positif itu merupakan pasien sempat kontak dengan pasien positif pertama di desa Bondalem.

Melihat perkembangan hasil tersebut, Pemkab Buleleng optimis karantina Desa Bondalem akan berakhir pada akhir Mei ini. Hal ini dikatakan Wakil Bupati Buleleng, Nyoman Sutjidra, selaku Wakil Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Buleleng, Senin (11/5/2020) siang.

Optimisme ini, menurut Sutjidra, sesuai dengan prediksi data statistik tim ahli dalam bidang kesehatan masyarakat. Kunci dari cepat meredanya penyebaran kasus Covid-19 adalah kedisiplinan masyarakat menjalankan pembatasan dan protokol kesehatan. "Kami harap akhir Mei bisa selesai kasus Covid-19 di Desa Bondalem, sehingga Juni sudah landai kembali," harap Sutjidra.

Bukan itu saja, Sutjidra optimis semua pasien yang positif Covid-19 di Buleleng sembuh dalam waktu dekat. "Mudah-mudahan pasien positif bisa cepat sembuh. Obat-obat sudah kami berikan kepada pasien. Mereka semua dalam keadaan baik. Namun yang kami awasi pasien yang memiliki penyakit jantung, karena obat yang diberikan berpengaruh terhadap jantung," kata Sutjidra.

Saat ini Pemkab Buleleng memberikan perhatian penuh dalam penanganan Covid-19 di Bondalem yang memiliki kasus positif covid-19 terbanyak di Kabupaten Buleleng akibat tranmisi lokal. Pemkab Buleleng telah melakukan upaya-upaya dalam menangani Covid-19 di Desa Bondalem.

"Saya rasa Buleleng masih belum perlu untuk melakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat. Kami menimbang belum perlu melakukan langkah yang ekstrim, karena situasi masih bisa terkendali tapi tetap dengan kewaspadaan yang penuh," tandas Sutjidra.

Sementara perkembangan penanganan Covid-19 di Buleleng, kini terdapat Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Buleleng secara kumulatif berjumlah 49 orang, dengan rincian PDP negatif ada 6 orang, pasien positif dirawat di Buleleng 16 orang, dirujuk ke Denpasar 6 orang, sudah dinyatakan sembuh 21 orang. Pasien terkonfirmasi positif dirawat dicluar Buleleng berjumlah 7 orang.

Orang Dalam Pemantauan (ODP) secara kumulatif  berjumlah 96 orang, terdiri dari ODP masih dipantau 3 orang, ODP yang selesai masa pantau 93 orang. Orang Tanpa Gejala (OTG) secara kumulatif berjumlah 732 orang, selesai masa pantau 546 orang, karantina mandiri 184 orang, dan karantina di RS Pratama Giri Emas terdapar 1 orang, OTG karantina di hotel ada 1 orang. rik/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER