4 Pasien Positif Corona di Jembrana Terus Membaik, Tinggal Menunggu Hasil Swab

  • 09 April 2020
  • 18:30 WITA
  • Jembrana
  • Dibaca: 1724 Pengunjung
suaradewata

Jembrana,suaradewta.com - Empat orang pasien positif Corona asal Kabupaten Jembrana kondisinya terus membaik. Pemkab Jembrana masih menunggu hasil tes swab berikutnya untuk menentukan keempatnya.

Hal itu diungkapkan Direktur RSU Negara dr . I Gusti Bagus Ketut  Oka Parwata berdasarkan pemantauan terkini yang dilakukan pihaknya. “ Kondisinya terus membaik  tanpa gejala . Sampai saat ini pihak RSU masih merawat di ruang isolasi, “ kata Oka Parwata , dihubungi kamis ( 9/4).

Untuk menentukan status keempat pasien tersebut  , Oka Parwata mengatakan masih harus menunggu hasil tes swab sebagai metode paling akurat untuk mendeteksi.

“ Kemarin , ( 8/4) sudah diambil sampel swab tenggorokan . Kami masih menunggu hasilnya . Apabila negatif, maka pasien bisa dinyatakan sembuh , “ terang Oka Parwata.

Lebih lanjut dikatakan Oka  Parwata , pihak RSU terus melakukan berbagai kesiapan menghadapi covid-19 di Jembrana. Untuk tenaga medis yang berhadapan langsung dengan pasien positif, juga telah menempati hotel Jimbarwana yang disiapkan Pemkab sebagai tempat beristirahat /  wisma sementara tenaga medis.

"Sejak tanggal 5 april lalu , mereka sudah ditempatkan di Hotel Jimbarwana. Ada perawat , dokter ahli , termasuk tenaga cleaning servis yang khusus membersihkan ruang isolasi. Tujuannya , agar mereka fokus bekerja dan mengurangi kontak dengan orang lain selama bertugas ,”paparnya .

Sedangkan untuk ruang IGD dan IRJ , juga sudah melayani warga ODP maupun PDP rapid tes. “ Bila hasil rapid tesnya positif, kami langsung lakukan pemeriksaan swab, “ kata Parwata.

Sementara data perkembangan ODP di Jembrana , secara kumulatif jumlahnya meningkat . Peningkatan itu hasil penelusuran lebih luas secara intens  yang dilakukan jajaran gugus penanganan  covid-19 Jembrana  bersama tim surveilans. Data per hari ini , kamis ( 9/4) pukul 14.00 wita jumlah ODP menjadi 119 orang ,  meningkat 11 orang dari sebelumnya.

Tambahan sebelas orang ini , dikatakan Humas Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jembrana , dr I Gusti Agung Putu Arisantha hasil pemantauan petugas dilapangan , terhadap para pelaku perjalanan dan orang-orang yang baru datang dari wilayah terjangkit di Indonesia. “ Tambahan ODP ini semuanya domestik. Ada yang datang dari Jawa dan juga baru pulang dari Denpasar, “kata Arisantha. 

Dalam proses surveilan itu, pihaknya  rutin melakukan pengecekan kondisi kesehatan warga ODP. Termasuk riwayat atau jejak bepergian dalam dua minggu terakhir.

 “ Kami  apresiasi peran masyarakat yang banyak membantu kegiatan  surveilans , dengan memberikan laporan warga  yang baru datang . Peran Satgas Gotong Royong ditingkat desa juga cukup penting , membantu sosialisasi dan pencegahan penyebaran covid-19 , “ pungkasnya .dep/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER