Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

DPRD Gianyar Dukung Langkah Bupati dalam Penanganan Wabah Covid-19

  • 08 April 2020
  • 19:20 WITA
  • Gianyar
  • Dibaca: 1414 Pengunjung
istimewa

Gianyar, suaradewata.com - Sekitar 10 orang dari unsur pimpinan DPRD Kabupaten Gianyar menggelar rapat pimpinan di Ruang Rapat Pimpinan Gedung DPRD Gianyar, Rabu (8/4/2020) siang. Dalam rapat yang dipimpin Ketua DPRD Gianyar I Wayan Tagel Winarta itu, semua pimpinan kompak memberikan dukungan kepada Bupati Gianyar dalam penanganan pencegahan penyebaran wabah Covid-19.

Rapat tersebut sesungguhnya kelanjutan dari Rapat Banmus (Badan Musyawarah) sebelumnya. Dua rapat DPRD di tengah wabah penyebaran Covid-19 ini telah sesuai standar protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Antara lain, seluruh peserta rapat mengenakan masker kesehatan, duduk berjarak sekitar 1,5 meter antara peserta satu dengan yang lain dengan dibatasi kursi yang berisi tanda silang merah dan bertuliskan jaga jarak,  Sebelum masuk ruang rapat, setiap peserta membersihkan tangannya dengan hand sanitizer.

Hampir seluruh peserta rapat mengatakan, DPRD Gianyar secara konsisten memberikan dukungan kebijakan kepada Bupati Gianyar untuk terus menggiatkan pencegahan wabah Covid-19 di masyarakat. ‘’Kami lembaga DPRD sangat setuju dengan relokasi sejumlah pos anggaran di APBD 2020 untuk dialihkan menjadi anggaran penanganan Covid-19. Nilainya tak tanggung-tanggung sampai Rp100,7 miliar lebih,’’ jelas Ketua DPRD I Wayan Tagel Winarta.

Dia menambahkan, dalam rapat terungkap apa yang dilakukan Bupati Gianyar dalam penanganan Covid-19 sudah sangat tepat. Hal itu ditandai dari kesigapan Gugus Depan Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Gianyar yang dikoordinasikan langsung oleh Bupati Gianyar I Made Mahayastra.

Senada dengan yang disampaikan Tagel Winarta, Wakil Ketua DPRD Gianyar Ida Bagus Gaga Adi Saputra sependapat dengan pimpinan lain bahwa lembaga DPRD agar lebih konsentrai membuat kebijakan yang pro penanggulangan Covid-19 serta dampak yang ditimbulkan. Mantan Sekda Gianyar ini juga sependapat dengan peserta rapat bahwa DPRD tetap menguatkan pelaksanaan tupoksi yakni pengawasan, angggaran, dan legislasi. ‘’Wabah Covid-19 ini harus kita tangani secara baik dan benar, dan tak ada urusan cari panggungg dan sensasi kepada masyarakat,’’ jelasnya.

Ketua Fraksi PDIP Ketut Sudarsana mengatakan, pihaknya mendorong bupati untuk mencairkan hibah/bansos pada Mei 2020. Dengan hibah/bansos ini masyarakat akan memiliki kegiatan di tengah menghadapi Covid-19. Dengan kegiatan berdana hibah/bansos ini maka akan ada pekerjaan sekaligus dapat memutar perekonomian masyarakat.

Ketua DPRD menambahkan bahwa DPRD akan menjalankan beberapa kegiatan ke depan. Antara lain, Rapat Paripurna LKPJ Bupati Gianyar paling lambat 30 April 2020. Tenggang akhir waktu pelaksanaan rapat dengan angenda LKPJ tersebut sesuai SE Mendagri terbaru pascawabah Covid-19. Khusus Rapat Paripurna LKPJ Bupati Gianyar nanti dengan peserta terbatas sekitar 19 orang terdiri dari pimpinan dan alat kelengkapan dewan plus setwan.

Rapat ini akan dihadiri secara berjarak atau jauh oleh para anggota DPRD Gianyar, sedangkan para anggota DPRD lainya, para Tim ahli fraksi dan tenaga ahli DPRD dan  para pimpinan OPD  Pemkab Gianyar akan mengikuti sidang dari kantor atau ruangan masing masing atau rumah, dengan bantuan teknologi komunikasi digital camera zoom. Peserta rapat di luar ruang sidang utama juga akan dikirimkan softcopy dan diberikan hardcopy materi rapat terutama LKPJ Bupati Gianyar. ‘’Teknologi komunikasi rapat ini sedang  dipersiapkan  oleh Pak Sekwan  berkoordinasi dengan  Dinas Kominfo Gianyar,’’ jelasnya. gus/rls/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER