Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Pemkab Bangli Gelar Upacara Peneduh Jagat di Empat Pura Khayangan, Begini Tujuannya...

  • 07 April 2020
  • 18:05 WITA
  • Bangli
  • Dibaca: 1434 Pengunjung
suaradewata

Bangli, suaradewata.com - Pemkab Bangli melaksanakan upacara peneduh jagat diempat Pura Kahyangan di Kabupaten Bangli sebagai upaya pencegahan wabah pandemi covid-19 yang saat ini menjadi perhatian serius dunia.

Kabag Kesra Setda Kab Bangli, Jero Penyarikan A Widata, S.Ag.,M.Si mengatakan bahwa upaya pendekatan secara spiritual di Kab Bangli yang juga merupakan petunjuk Ketua Paruman Sulinggih Kab Bangli Ida Pedanda Gde Putra Sidemen Temuku dan telah diawali dengan upacara Peneduh Dirgayusa yang bertepatan dengan Upacara Tawur Agung Kesanga bertempat di Catus Pata Bangli. Kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan upacara peneduh jagat di 4 pura kahyangan di Kab Bangli dimana pada hari minggu 5/4 kemarin telah lebih dulu dilaksanakan di Pura Puncak Penulisan Desa Sukawana Kintamani, yang di puput oleh Jero Kubayan Desa Adat Sukawana dihadiri Bupati Bangli beserta 8 orang dari Pemkab Bangli,  sedangkan pada hari ini bertepatan dengan rahina purnama ke dasa, selasa 7/4 kembali upacara peneduh jagat dilaksanakan di 3 pura khayangan secara bersamaan yaitu di Pura Kehen Bangli yang dipimpin Sekda Kab Bangli, Ida Bagus Gde Giri Putra beserta 8 orang pimpinan OPD di Lingkungan Pemkab Bangli, Pura Hulun Danu Batur Desa Adat Songan Kintamani yang dipimpin oleh Drs. I Nyoman Widiana, M.Pd.H. Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Kab Bangli, dan di Pura Ulun Danu Batur Desa Adat Batur dipimpin langsung Bupati Bangli, I Made Gianyar. 

Lanjut Jero Widata menyampaikan sarana banten yang dihaturkan meliputi sorohan suci 3, bakti bendu piduka, bakti guru piduka, yang dilengkapi dengan sarana penglukatan, suci sorohan pengupasaksi dan santun soroh 4. Harapnya semoga dengan dilaksanakannya upacara ini, Ida Sang Hyang Widhi Wasa beserta manifestasi-Nya memberikan sinar suci kepada umat agar wabah yang melanda saat ini dapat teratasi dan cepat berlalu.

Bupati Bangli I Made Gianyar disela melaksanakan upacara peneduh jagat di Pura Ulun Danu Desa Adat Batur menyampaikan Pemerintah Kabupaten Bangli melaksanakan upara peneduh jagat karena kita di Bangli, di Bali khususnya dan di Indonesia, serta di dunia pada umumnya sedang mengalami bencana wabah covid-19 yang sangat meresahkan warga masyarakat. "Dengan diadakannya upacara ini mudah-mudahan Ida Sang Hyang Widhi Wasa mempercikkan sinar sucinya agar kita terhindar dari virus corona.  Semoga bencana yang sedang kita alami bersama cepat berlalu dan kita bisa beraktifitas seperti biasa," ungkapnya.  Disamping itu, lanjut Made Gianyar, kita sebagai umat manusia, alam beserta isinya, itu semua adalah ciptaan Ida Sanghyang Widhi Wasa/Tuhan yang Maha Esa. "Maka hanya kepada Beliau kita bisa berharap," ujarnya.

Lanjut Made Gianyar, bahwa kegiatan ini kita laksanakan tetap mengacu pada himbauan pemerintah, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah tentang tidak melibatkan banyak orang, serta menjaga jarak. "Maka kami dari Pemerintah Kabupaten Bangli dalam hal ini membatasi jumlah peserta yang hadir," tegasnya. Tak lupa pada kesempatan itu, ia  menghimbau kepada masyarakat agat tetap mematuhi peraturan pemerintah dalam hal menjaga jarak, tidak berkumpul demi keselamatan kita bersama.ard/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER