Masker Kain 50 Persen Tidak Efektif Dari Masker Bedah, Tapi Direkomendasikan

  • 06 April 2020
  • 11:50 WITA
  • Badung
  • Dibaca: 2465 Pengunjung
suaradewata

Badung, suaradewata.com - Mewabahnya Covid-19 saat ini membuat banyak masyarakat menggunakan masker. Bahkan banyak dari masyarakat yang membuat masker secara mandiri terbuat dari kain. Namun, dari segi efektivitas masker kain 50 persen tidak efektif dari masker bedah. 

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Badung, dr. Nyoman Gunarta mengungkapkan bahwa masker kain yang kini banyak beredar di masyarakat 50 persen tidak efektif dari masker bedah. Namun meski 50 persen tidak efektif, dirinya pun merekomendasikan penggunaan masker tersebut untuk dipergunakan di masyarakat.

"Kalau kita lihat dari hitungan statistik masker kain itu dari segi efektivitas 50 persen tidak efektif dari masker bedah seperti ini, tapi dibandingkan masyarakat sehat ini tidak memakai masker jauh lebih bagus memakai masker dari pada tidak memakai masker, termasuk itu kita rekomendasikan untuk saat ini karena minimal dropletnya (apbila berhadapan dengan penular Covid-19) sudah terhambat di kainnya," ungkap dr. Nyoman Gunarta, Minggu, (05/04/2020).

Ia menerangkan, untuk saat ini perkembangan Covid-19 di Kabupaten Badung ada penambahan 1 orang yang positif Covid-19. Sehingga di Kabupaten Badung yang positif ada 2 orang dari 10 Pasien Dalam Perawatan (PDP). Dimana sebelumnya PDP ada 7 orang kini bertambah menjadi 3 orang, sehingga 2 orang positif dan 2 orang belum ada hasilnya, sisanya negatif. Dan Orang Dalam Pemantauan (ODP) masih stay sebanyak 173 orang.

"Sebagian besar dari Kuta dan Kuta Selatan, kita tetap minta masyarakat untuk melaksanakan Physical Distancing dan Social Distance," terangnya.

Ia menghimbau masyarakat untuk tidak keluar rumah, bila keluar rumah batasi jarak duduk tidak sampai bersentuhan minimal 1,5 meter, selalu rajin mencuci tangan di air mengalir dengan sabun atau dengan hand sanitizer serta pola hidup bersih dan sehat dijalankan.

"Ya jangan begadang, makan makanan yang sehat yang mengandung vitamin, kalau keluar rumah gunakan masker, karena bisa melindungi kita, keluarga kita dan teman teman kita," ujarnya.ang/utm


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER