Bantu Persediaan Darah Ditengah Covid-19, Kodim 1619/Tabanan Gelar Donor Darah 

  • 03 April 2020
  • 21:25 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 1684 Pengunjung
istimewa

Tabanan, suaradewata.com - Ditengah mewabahnya Virus Corona Disease 2019 (Covid-19) persediaan darah PMI mulai menipis. Maka dari Dandim 1619/Tabanan Letkol Inf Toni Sri Hartanto Kodim 1619/Tabanan memprakarsai kegiatan Donor Darah di Makodim 1619/Tabanan Jl.Katamso Nomor, 2 Tabanan, Jumat (3/04/2020).

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Kodim 1619/Tabanan bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Kabupaten Tabanan tersebut melibatkan sekitar 45 orang personel militer Kodim 1619/Tabanan beserta jajaran dengan cara bergantian memperhatikan jarak (Social Distancing) dan sudah sesuai dengan anjuran prosedur kesehatan.

Dandim 1619/Tabanan Letkol Inf Toni Sri Hartanto mengatakan bahwa kegiatan itu murni dilaksanakan untuk membantu PMI Tabanan dalam menyediakan stok darah bagi masyarakat yang membutuhkan karena ditengah wabah Covid-19 ini stok darah sudah menipis karena banyak yang membutuhkan sedangkan darah yang masuk ke PMI sangat terbatas akhir-akhir ini.

"Nanti kita lihat situasi dulu bisa kita laksanakan lagi secara berkala sesuai kemampuan kita dan pengerahan personil yang juga terbatas," ujar Letkol Inf Tony Sri Hartanto.

Ia pun berharap dengan adanya donor darah tersebut pihaknya dapat membantu ketersediaan darah di PMI Tabanan untuk masyarakat.

Sedangkan pihak PMI yang dipimpin oleh dr. Komang Ayu Wulandari dengan personel 5 orang tersebut menerangkan bahwa pengambilan darah pendonor ini dilakukan beberapa tahap yakni Cek Tensi Darah, Cek Kesehatan (Suhu tubuh) dan Cek HB Darah kemudian dari 45 orang personel yang mendaftar didapatkan 26 kantong darah yang bisa diambil dengan rincian Golongan Darah A = 6 kantong, Golongan Darah AB = 3 Kantong, Golongan Darah B = 7 kantong, Golongan Darah O = 10 Kantong.ayu/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER