Fokus Penanggulangan Covid-19, Anggaran Perjalanan Dinas Dewan Bangli Siap Dipangkas

  • 01 April 2020
  • 20:35 WITA
  • Bangli
  • Dibaca: 1554 Pengunjung
istimewa

Bangli, suaradewata.com – Wakil Ketua DPRD Bangli, I Nyoman Budiada mendorong Satgas Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Bangli segara mengambil tindakan nyata dalam memutus rantai penyebaran virus mematikan tersebut di wilayah Kabupaten Bangli. Untuk itu, para wakil rakyat ini juga sepakat bila diperlukan anggaran perjalanan dinas Dewan dirasionalisasi untuk penanggulangan virus yang telah menjadi pandemi global ini.

Menurut Budiada, sejatinya sesuai hasil rapat terbatas pimpinan DPRD Bangli dengan Satgas Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Bangli, Bupati Bangli I Made Gianyar saat itu sempat menyampaikan estimasi anggaran yang dibutuhkan dalam upaya penanggulangan corona di Bangli mencapai Rp 1,2 miliar per bulan. Dengan besarnya anggaran yang diperlukan tersebut, politisi partai Golkar asal desa Satra, Kintamani turut mendorong jika anggarannya masih kurang, maka anggaran perjalanan dinas dewan siap dirasionalisasi. “Yang pasti kita di Dewan sudah sepakat. Berapa pun kebutuhan untuk penanggulangan covid-19, kita sudah setuju bahwa penanggulangan covid-19 menjadi skala prioritas. Kalau memang diperlukan, walapun angaran perjalanan dinas dipotong, tidak jadi persoalan. Toh juga dengan kondisi sekarang, kegiatannya sudah tidak bisa direalisasikan. Yang terpenting, harapan kita Bupati cepat mengeksekusi langkah-langkah nyata untuk mencegah penyebarannya,” tegasnya.

Untuk itu, , pihaknya meminta Bupati Bangli segera mengajukan RAB kebutuhan riil anggaran yang diperlukan baik untuk rumah sakit maupun untuk kebutuhan masyarakat. Terlebih diakui, sesuai intruksi induk partainya, Partai Golkar juga telah mengintruksikan kepada seluruh pengurus, kader dan anggota Fraksi Partai Golkar untuk bersama-sama focus dalam penanggulangan penyebaran covid-19. “Intruksi Partai Golkar tersebut telah disampaikan kepada jajaran Pengurus DPD dan seluruh Kepala Daerah. Pada intinya, kami partai Golkar siap mendukung apapun kebijakan pemerintah untuk menanggulangi penyebaran covid-19,” tegas Budiada.

Dalam hal ini, lanjut Budiada, keselamatan warga Bangli maupun tim medis sebagai garda terdepan untuk penanganan Covid-19 adalah yang utama. Menurut Budiada, selain  dana perjalanan dinas, masih banyak anggaran yang sudah diplot dalam APBD induk tahun 2020 bisa dialihkan untuk penanganan dan pencegahan virus Corona, seperti biaya rapat dan dana persiapan PKB yang telah ditiadakan. Untuk itu, pihaknya kembali menegaskan kesiapannya untuk membakup penuh langkah pemerintah dalam mempercepat penanganan wabah Corona tersebut agar kehidupan masyarakat kembali pulih seperti sedia kala.ard/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER