Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Virus Corona Musuh Kita Bersama

  • 24 Maret 2020
  • 19:40 WITA
  • Nusantara
  • Dibaca: 1590 Pengunjung
google

Opini,suaradewata.com - Penyabaran Virus Corona baru atau Covid-19 terus menjadi perhatian semua pihak. Virus Corona saat ini juga telah menjadi musuh bersama, sehingga masyarakat dan Pemerintah harus saling bersinergi memerangi penyebaran wabah penyakit tersebut.

Kabar penyebaran Virus Corona di Indonesia kini tengah ramai dan menjadi trending topic. Darurat Corona agaknya telah disematkan di Indonesia. Beragam cara serta langkah antisipasi mulai digalakkan. Mulai dari travel ban hingga rutin mencuci tangan. Termasuk penyediaan kelengkapan alat-alat medis maupun ruangan isolasi turut disediakan. Hal ini dilakukan  menyusul laporan Indonesia resmi dinyatakan positif Corona beberapa waktu lalu.

Presiden Jokowi pun telah menyampaikan pidato resminya terkait bencana internasional tersebut. Dalam pidatonya itu, Jokowi mengimbau kepada seluruh rakyat Indonesia untuk bahu-membahu menanggulangi penyebaran virus Corona ini. Simpang siur wacana pemberlakuan sistem Lockdown ini juga turut disinggung oleh Jokowi. Pihaknya belum memilih opsi Lockdown untuk menekan virus Covid-19. Namun, dirinya menuturkan akan mengambil langkah serta kebijakan secara lebih ketat guna menghambat penyebaran virus tersebut.

Jokowi menilai tingkat paparan antara daerah satu dengan lainnya tentu berbeda-beda. Sehingga, dirinya mengimbau para gubernur, Bupati, juga walikota terus melakukan monitoring terkait kondisi di wilayahnya. Termasuk berkonsultasi dengan pakar medis dan BNPB dalam  menentukan status daerahnya dalam keadaan siaga darurat ataukah tanggap darurat bencana non-alam.

Para kepala daerah ini dituntut untuk membuat kebijakan sesuai kondisi wilayah ya berkenaan dengan proses belajar bagi kalangan pelajar maupun mahasiswa. Pun dengan pihak ASN yang tetap memberikan pelayanan kepada masyarakat dan menghindari kegiatan yang melibatkan kerumunan orang.

Selain itu, setiap daerah diminta untuk meningkatkan pelayanan kesehatan. Seperti, pengetesan infeksi Covid-19 serta pengobatan secara maksimal, dengan cara memanfaatkan kemampuan Rumah Sakit Daerah, bekerja sama dengan pihak Rumah Sakit Swasta, maupun lembaga riset dan pendidikan tinggi lainnya.

Jokowi juga menyinggung terkait anggaran yang bakal digunakan secara efektif dan efisien. Serta mempunyai landasan hukum agar pihak yang berhak bisa memanfaatkannya.

Arahan Jokowi melalui akun resmi ini turut dibagikan melalui jejaring sosial untuk dijadikan perhatian serta imbauan untuk dijalankan. Pasalnya, Corona telah menjadi bencana nasional di Indonesia. Pernyataan ini juga disusul beragam kegiatan di berbagai daerah. Seperti aksi peduli sehat sebagaimana dilakukan oleh pihak Polri, TNI juga Pramuka.

Sebelumnya, dilaporkan Puluhan anggota Polri, TNI, Pramuka, dan juga  Bhayangkari, secara kompak melakukan aksi peduli hidup sehat bagi pengguna Jalan wilayah Pantura Brebes. Para pengendara yang melewati jalan Jendsud Brebes ini diajari tatacar mencuci tangan dengan benar sesuai standar lembaga kesehatan dunia yakni WHO. Bahkan mereka juga membagikan hand sanitizer secara free alias gratis.

Kapolres Brebes AKBP Gatot Yulianto menuturkan, jika kegiatan tersebut menindaklanjuti arahan dari Kapolda Jateng untuk melaksanakan program Polri Peduli Kesehatan. Dengan tagline "Menggelorakan budaya hidup bersih dan sehat sejak dini kepada khalayak ramai"

Dirinya menyatakan dengan membiasakan cuci tangan dengan sabun secara benar akan menekan penularan beragam penyakit. Termasuk paparan Virus Corona. Kegiatan serupa kabarnya juga digelar di Stasiun Brebes. Ada pula aksi pembersihan fasilitas publik serta tempat ibadah. Seperti masjid dan gereja.

Merespon arahan Jokowi, banyak pihak yang kemudian menerapkan pola hidup sehat. Bukan berarti sebelumnya ga sehat, namun sejak ekspansi virus Corona yang menggegerkan dunia ini membuat kesadaran akan kebersihan juga kesehatan semakin meningkat. Tentunya hal ini merupakan kabar yang baik. Meski pemerintah telah getol melakukan langkah antisipatif. Warga tetap diimbau untuk menjaga kewaspadaan diri sendiri. Dengan membatasi diri untuk tidak bepergian atau berinteraksi dengan orang lain artinya kita ikut menekan angka penyebaran virus ini.

Pun dengan langkah untuk meliburkan sekolah-sekolah, fasilitas publik seperti mall dan yang lainnya. Hal ini berguna untuk memutus mata rantai penyebaran virus mematikan ini. Sebelumnya ,pemerintah juga dinilai telah optimal dalam menanggulangi Covid-19. Mulai dari penerapan pembatasan penerbangan, penghentian sementara ekspor impor pemberlakuan karantina bagi warga yang pulang dari luar negeri. Maka dari itu mari dukung penuh langkah pemerintah dengan mensosialisasikan arahan Jokowi terkait Virus Corona ini. Selain melakukan step-step tersebut masyarakat juga diimbau untuk tetap tenang dalam menghadapi virus ini.

Fandi Ahmad, Penulis adalah kontributor Pustaka Institute


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER