Wakil Gubernur Bali Mendukung Keberadaan Unit Siaga SAR Nusa Penida

  • 20 Maret 2020
  • 12:10 WITA
  • Denpasar
  • Dibaca: 1583 Pengunjung
istimewa

Denpasar, suaradewata.com - Wakil Gubernur Provinsi Bali, Cokorda Oka Artha Ardana Sukawati mendukung penuh keberadaan Pos Unit Siaga SAR Nusa Penida. Hal tersebut diutarakan saat acara audiensi Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Basarnas Bali) beserta jajarannya ketika bertandang ke Kantor Gubernuran Provinsi Bali, Kamis (19/03/2020) pagi. Saat ini ditempatkan 5 orang personil untuk mengantisipasi kondisi membahayakan manusia di seputaran Nusa Penida, Klungkung.

Menurutnya dalam menciptakan keamanan dan kenyamanan di Bali, Basarnas beserta instansi terkait menjadi fron liner dalam keadaan-keadaan kedaruratan. Dalam kebencanaan, Basarnas Bali hadir pada fase kegawatdaruratan, dimana perlu dilakukan pencarian serta pertolongan korban.

Pada kesempatan itu turut hadir Kalaksa BPBD Made Rentin. Sinergitas lintas instansi antara Basarnas Bali, BPBD Provinsi Bali telah berjalan baik. Sampai saat ini diakui oleh Made Rentin bahwa Basarnas Bali banyak berperaan dalam mendukung tugas-tugas BPBD. Upaya untuk membuat Bali sebagai tempat yang aman dan nyaman bagi sektor pariwisata sudah dilakukan. Hanya saja volume kegiatan sosialisasi tentang keselamatan menurut Gede Darmada masih terbatas.

Selain bekerja sama dengan BPBD, Basarnas juga selalu berdampingan dengan Dinas Perhubungan dan Dinas Pariwisata guna menjalankan tugas terkai pencariaan dan pertolongan (SAR). Daerah-daerah yang rawan dengan kondisi membahayakan manusia di tempat pariwisata khususnya, menjadi perhatian Wakil Gubernur. 

"Sering kejadian wisatawan terjatuh karena selfie, jadi sebenarnya harus dilihat kelayakan tempat tersebut, apakah perlu diberikan pembatas atau tanda peringatan," ungkap Cokorda Oka Artha Ardana.

Menanggapi hal tersebut, Basarnas selalu berkoordinasi dengan Balawista atau pelaku pariwisata setempat. Kedekatan yang proporsional dan profesional tentunya akan berpengaruh langsung dengan kecepatan dalam merespon laporan kedaruratan. 

"Sementara itu, pada bidang keselamatan transportasi penerbangan kami telah berkoordinasi dengan Angkasa pura dan keselamatan transportasi laut juga terus bersinergi dengan KSOP Benoa," ujar Kepala Kantor Basarnas Bali Gede Darmada.ang/utm


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER