Siaga Corona, Kebun Raya Eka Karya Bali Ditutup Sementara

  • 19 Maret 2020
  • 20:45 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 2768 Pengunjung
suaradewata

Tabanan, suaradewata.com - Guna mengantisipasi penyebaran virus corona atau COVID-19, Kebun Raya Eka Karya Bali atau yang lebih dikenal dengan Kebun Raya Bedugul ditutup sementara mulai Kamis (19/3/2020) hingga tanggal 31 Maret 2020 mendatang.

Humas Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), I Gede Wawan Setiadi, menjelaskan sesuai dengan rilis resmi, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melakukan penutupan sementara empat Kebun Raya yang dikelola LIPI guna mengantisipasi penyebaran virus COVID-19. Keempat Kebun Raya itu diantaranya Kebun Raya Bogor, Kebun Raya Cibodas, Kebun Raya Purwodadi, dan Kebun Raya Eka Karya Bali.

"Penutupan sementara akan dilakukan mulai Kamis (19/3/2020) hingga Selasa (31/3/2020) dan akan dibuka kembali setelah melihat perkembangan situasi," ungkapnya.

Menurutnya langkah penutupan sementara ini merupakan bentuk tanggung jawab dan komitmen LIPI untuk ikut serta menjaga kesehatan dan keselamatan masyarakat dalam situasi pandemik virus COVID-19. Namun memang ada beberapa pengunjung yang datang ke Kebun Raya Eka Karya untuk berwisata. "Tapi petugas memberikan penjelasan bahwa Kebun Raya ditutup sementara hingga tanggal 31 Maret 2020 nanti. Keputusan untuk penutupan disampaikan Rabu sore setelah diadakan rapat koordinasi pimpinan, kemudian rilis sudah disampaikan ke rekan-rekan media dan kita sampaikan juga melalui media sosial," paparnya.

Selama penutupan, pihak Kebun Raya Eka Karya Bali pun melakulan langkah-langkah pencegahan, seperti penyemprotan disinfektan ke seluruh fasilitas-fasilitas publik di Kebun Raya. Pihaknya juga memproduksi hand sanitizer sendiri untuk keperluan di kebun, penyemprotan desinfektan di fasilitas umum kebun. Dan sebagian pegawai sudah bekerja dari rumah hanya beberapa yang ditugaskan untuk piket.

Sementara itu, Operational Manager PT. MNR Pengelola Kebun Raya Eka Karya Bali, Teguh Dwiyanto menyebutkan bahwa rata-rata jumlah pengunjung Kebun Raya Bali saat weekday mencapai 500 sampai 700 orang, dan weekend 1.000 sampai 1.500 orang. Dengan tikket masuk ke Kebun Raya Eka Karya Bali untuk saat ini adalah Rp 9.000 per orang untun domestik dan Rp 17.000 per orang untuk asing. 

 "Tapi bagi Kebun Raya Eka Karya Bali yang utama adalah kesehatan dan keselamatan masyarakat meskipun secara pendapatan berkurang sekitar 60 sampai 70 persen," ujarnya.ayu/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER