Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Panji Astika : Bersenda Gurau Dengan Anak Itu Penting

  • 15 Maret 2020
  • 12:10 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 2197 Pengunjung
istimewa

Tabanan, suaradewata.com - Tanpa kita sadari selama ini bercanda dengan anak adalah sesuatu yang baik dari sekian banyak pola asuh untuk membuat anak bahagia. Mereka bisa diajak bersenda gurau, menjawab teka-teki dan bermain sehingga memberikan perkembangan yang positif seperti meningkatkan kemampuan sosial anak.

Sebuah penelitian yang dipresentasikan di Festival Dewan Riset Ekonomi 2011 lalu menyatakan bahwa bercanda dengan anak dapat membantu mereka sukses secara sosial. Anak akan menerima stimulasi ketika orang tua mulai bercanda dengan mereka. Biasanya anak-anak ini akan tumbuh dengan berpikir kreatif, mudah bergaul dan mampu mengelola stres.  

Menurut Peneliti Dr. Elena Hoicka dari Universitas Stirling, Skotlandia, seperti dilansir Detik.com, orang tua, pengasuh dan pendidik tidak boleh meremehkan pentingnya berinteraksi dengan anak-anak sejak dini lewat bercanda dan permainan pura-pura. Menghabiskan waktu melakukan hal yang menyenangkan bersama anak-anak akan membantu mereka belajar bagaimana melakukannya sendiri dan mengajarkan keterampilan yang penting pada masa kanak-kanak dan seterusnya.

Ketua Umum Forum Pelestari Budaya Tabanan (FPBT) AA Ngurah Panji Astika, tidak menampik akan kebenaran hasil penelitian tersebut. Ia saat itu tengah bersama Ketua Harian FPBT Putu Arya Wiguna kebetulan sedang berkumpul dan bercanda dengan anak-anak SD di Desa Pujungan Kecamatan Pupuan, Tabanan Sabtu (14/3/2020). Mereka bertemu di lokasi desa yang pemandangan alamnya indah dalam acara Bakti Sosial Berbagi Kasih kepada lansia dan anak-anak sekolah penuh keakraban.

"Kuis, teka-teki atau dalam Bahasa Bali disebut cecimpedan yang dibumbui humor adalah interaksi yang sederhana dengan anak dan menimbulkan suasana kedekatan kolektif yang riang, imajinatif, kreatif. Ini juga membangun dan meningkatkan rasa ingin tahu mereka. Pengetahuan mereka juga akan kian berkembang karena akhirnya diberitahu jawaban yang sebenarnya," ungkapnya 

Komisaris PT. Amanaid Denpasar ini juga menambahkan suasana kocak penuh riak tawa ketika mereka mendapati jawaban yang lugu dan lucu dari teman-temannya sangat sehat karena mampu melepas stres yang mungkin saja tanpa mereka sadari diendap selama ini.

Lebih lanjut Panji Astika yang juga bakal calon Bupati Tabanan untuk Pilkada 2020 yang diusung Golkar dan NasDem sependapat dengan hasil penelitian itu bahwa manfaat lain dari membuat anak tertawa adalah meningkatnya aspek kognitif anak seperti perhatian, motivasi, persepsi, daya ingat dan kecerdasan dalam belajar.


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER