Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Gubernur Koster Minta PSSI Pertimbangkan Bali Goal Tuan Rumah PD U-20

  • 08 Maret 2020
  • 23:20 WITA
  • Gianyar
  • Dibaca: 2006 Pengunjung
suaradewata.com

Gianyar, suaradewata.com - Event Piala Dunia U-20 tahun 2021 adalah harapan publik di Bali. Jika Piala Dunia U-20 bisa terselenggara di Bali, tentu akan jadi gelaran yang vital bagi pariwisata Bali, selain tentu sebagai ajang olahraga prestisius.

Demikianlah diplomasi penting yang disampaikan Gubernur Bali, Wayan Koster dihadapan Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan yang secara khusus berkunjung ke Bali untuk meninjau Stadion Kapten I Wayan Dipta di Gianyar, Sabtu (7/3) sore.

Keberadaan stadion berkapasitas 20 ribu penonton yang merupakan home base klub Bali United ini dinominasikan sebagai salah satu dari enam kandidat tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun depan.

Atas hal itulah, Gubernur Bali asal Desa Sembiran, Buleleng ini menegaskan dihadapan Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan bahwa posisi Bali sebagai salah satu destinasi wisata terbaik di dunia adalah potensi yang bisa mendukung kegiatan Piala Dunia U-20. Sehingga pariwisata olahraga yang paling representative saat ini adalah sepak bola dan banyak mendapatkan atensi publik yang sangat potensial untuk dikembangkan berbarengan dengan pariwisata.

Untuk itu kami sangat membutuhkan dukungan dari PSSI dan semua pihak terkait upaya kami ke depan untuk menjadikan Bali sebagai destinasi pariwisata yang dimana di dalamnya termasuk sport sebagai daya tariknya.

"Kedepan juga Bali akan dikembangkan menjadi sport tourism," ujarnya.

Wayan Koster juga mengatakan mungkin saat ini dari sisi fasilitas pendukung even tersebut kami masih kurang, namun kami punya banyak unsur lain yang bisa jadi bahan pertimbangan seperti nama Bali sudah sangat besar dan dikenal di luar.

Pertimbangan selanjutnya ialah BaIi sebagai penyumbang devisa pariwisata terbesar bagi Indonesia yakni 6,3 juta wisman atau 39 persen dari total wisman nasional, dimana devisanya Rp 75 Triliun dari Bali. "Jadi kalau dihitung-hitung, kalau even PD U-20 bisa dilaksanakan di Bali selain memajukan olahraga, juga bisa memberikan kontribusi besar untuk devisa negara, kemudian ekonomi masyarakat juga makin berkembang," kata Koster yang juga menjabat sebagai Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali ini.

Sehingga jika dimungkinkan, Pemprov Bali juga bisa mendukung segala sesuatunya dari anggaran perubahan dan Koster meyakini Bapak Presiden senang jika Bali dipertimbangkan sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20.

"Saya paham kompetisinya sangat ketat sebagai venue PD U-20, tapi saya serahkan kepada bapak Ketua Umum PSSI, mudah-mudahan memberikan berkah untuk Bali," ujarnya seraya berdoa mudah-mudahan dengan masuknya nama Bali, kami berharap dukungan PSSI dengan konsekuensinya adalah perbaikan fasilitasnya dengan Stadion Kapten I Wayan Dipta sebagai venue utama. Sehingga stadion ini bisa dikembangkan menjadi stadion yang representatif dan memenuhi syarat, ditambah lapangan latihan sebagai pendukungnya. awp/ari


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER